Angin Kencang Jadi Kendala Sulitnya Padamkan Kebakaran Gunung Ranti

Hilda Meilisa - detikNews
Minggu, 20 Okt 2019 17:59 WIB
Asap mengepul dari kebakaran Gunung Ranti yang belum padam (Foto: Ardian Fanani)
Surabaya - Api yang melalap Gunung Ranti memang sudah padam sebagian. Namun pihak Tim SAR dan BPBD Jatim masih berupaya untuk memadamkan seluruh titik api.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur Satriyo Nur Seno mengatakan hingga kini pihaknya masih kesulitan untuk memadamkan titik api. Selain area yang terbakar cukup luas, angin di lokasi juga kencang.


"Sementara kami masih memantau perkembangannya. Dari BPBD Kabupaten sudah back up di lokasi dengan semua OPD dan seluruh sektor, TNI Polri sudah mencoba naik ke atas untuk melakukan pemadaman. Kesulitannya karena ini areanya kan luas, anginnya sangat kencang itu menghambat teman-teman kami di lokasi," kata Satriyo kepada detikcom di Surabaya, Minggu (20/10/2019).

Saat ditanya apakah pihaknya akan meminta bantuan BNPB terkait pengiriman water bombing untuk memadamkan api. Satriyo menyebut belum ada rencana.


"Sementara kita belum ada rencana ke sana, sementara jika dimungkinkan, kita akan berupaya untuk mendatangkan water bombing untuk membantu memadamkan di Banyuwangi," imbuhnya.

Saat ditanya berapa luasan lahan yang terbakar di Gunung Ranti, Satriyo mengatakan belum mendapat datanya. "Belum, belum kami belum tahu berapa hektarnya," pungkas Satriyo. (hil/iwd)