detikNews
Minggu 20 Oktober 2019, 17:44 WIB

Parade Merah Putih, Bendera Raksasa 700 Meter Kelilingi Alun-Alun Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Parade Merah Putih, Bendera Raksasa 700 Meter Kelilingi Alun-Alun Lamongan Parade merah putih di Lamongan ajak semua unsur masyarakat (Foto: Istimewa)
Lamongan - Jajaran Polres Lamongan bersama TNI dan warga di Lamongan menggelar Parade Merah Putih untuk Indonesia Damai di alun-alun kota Lamongan, Minggu (20/10/2019). Jajaran polisi, TNI dan warga Lamongan juga membentangkan bendera merah putih raksasa sepanjang 700 meter.

Bendera raksasa sepanjang 700 meter ini dibawa oleh ratusan anggota polisi, TNI dan elemen masyarakat di Lamongan ini dibentangkan mengelilingi alun-alun kota Lamongan. Sebelumnya, bendera raksasa ini dibawa keliling jalan di dalam kota Lamongan diantaranya Jalan Lamongrejo, Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Ahmad Yani.

"Parade Merah Putih untuk Indonesia damai ini digelar sebagai langkah Polri dan TNI seta warga Lamongan untuk menjaga suasana tetap damai, aman, dan kondusif, khususnya di Lamongan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden," ujar Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung kepada wartawan usai acara, Minggu (20 /10/2019).

Di barisan depan parade, seorang polisi wanita juga membawa lambang negara burung Garuda yang ikut dalam parade ini. Selain membawa bendera raksasa sepanjang 700 meter, pelajar yang juga ikut serta dalam acara ini juga membawa ratusan bendera merah putih ukuran kecil.


Usai parade, ratusan peserta yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat di Lamongan mengucap ikrar Indonesia Damai bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Lamongan.

Dikatakan Feby, sejauh ini situasi di wilayah hukum Polres Lamongan cukup kondusif. Meski demikian, pihaknya tetap waspada dan melakukan pengamanan sesuai instruksi Polda Jatim. Meskipun acara pelantikan dilangsungkan di Jakarta, namun keamanan di daerah juga penting untuk dijaga.

"Kewaspadaan ini untuk mengantisipasi kemungkinan perkembangan situasi kamtibmas menjelang dan seusai pelantikan di Jakarta yang dapat berimbas ke daerah," terang Feby sambil mengajak semua elemen masyarakat untuk menjaga kondusifitas di Lamongan.

Sementara, Bupati Lamongan Fadeli mengajak warga Lamongan untuk terus menjaga kondisi Lamongan agar tetap kondusif. Fadeli juga menyambut baik gelaran parade merah putih ini sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap NKRI.


"Parade merah putih ini juga menunjukkan bahwa kita telah bisa melalui proses penjang pesta demokrasi yang puncaknya adalah pelantikan presiden dan wakil presiden secara aman, damai dan kondusif," ungkap Fadeli.

Parade merah putih yang digelar di Alun-alun Lamongan itu diakhiri dengan hiburan yang mendatangkan 4 arti ibukota yakni Rena KDI, Jihan Audy, Ady Naff, dan Lala Widi. Gelaran parade Merah Putih yang mengusung hashtag tolak kerusuhan, tolak anarkis, jogo Lamongan, Lamongan megilan dan Indonesia damai dimulai pukul 6 pagi.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com