Saluran Irigasi Penuh Sampah di Banyuwangi Disulap Jadi Kolam Ikan Ala Jepang

Saluran Irigasi Penuh Sampah di Banyuwangi Disulap Jadi Kolam Ikan Ala Jepang

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 19 Okt 2019 10:43 WIB
Ikan berkembang biak di saluran irigasi sawah (Foto: Ardian Fanani)
Ikan berkembang biak di saluran irigasi sawah (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Perang terhadap sampah terus dilakukan oleh masyarakat Banyuwangi. Banyaknya sampah yang mencemari saluran irigasi sawah, membuat sekumpulan pemuda Desa Kluncing Kecamatan Licin, Banyuwangi menyulap saluran tersebut bersih dari sampah. Tak hanya itu, saluran irigasi itu pun juga penuh dengan bermacam-macam ikan hasil budidaya mereka.

Mereka menyebut desa mereka 'Kampoeng Ikan Kluncing'. Rusady Awanto bersama dengan pemuda-pemuda setempat mampu mengatasi sampah sekaligus menciptakan pemandangan irigasi bersih seperti di Jepang.

Rusady mengatakan, ide ini bermula dari keprihatinan pemuda setempat atas persoalan sampah yang sering dibuang ke saluran irigasi.


"Jadi, sebelumnya warga membuang sampah rumah tangga di saluran irigasi. Akibatnya, air menjadi tercemar dan kotor," katanya kepada detikcom, Sabtu (19/10/2019).

Diakui Rusady, awalnya tidak mudah untuk menghilangkan kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan di saluran irigasi. Namun berkat kerja keras yang dilakukan, lambat laun masyarakat mulai sadar dan memberikan dukungan adanya budidaya ikan di saluran irigasi.

"Alhamdulillah, saat ini sampah sudah berkurang hingga 90 persen. Air juga sudah bersih, bahkan sudah bisa digunakan untuk mencuci pakaian dan mandi oleh warga," katanya.

Hingga akhirnya, sejak 7 bulan yang lalu, para pemuda setempat akhirnya memanfaatkan saluran irigasi tersebut untuk budidaya ikan.
Selanjutnya
Halaman
1 2