detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 21:09 WIB

Disebut Sebagai Calon Menteri Jokowi, Bupati Ngawi; Pokoknya Siap Sajalah

Sugeng Harianto - detikNews
Disebut Sebagai Calon Menteri Jokowi, Bupati Ngawi; Pokoknya Siap Sajalah Bupati Ngawi Budi Sulistyo/Foto: Sugeng Harianto
Ngawi - Bupati Ngawi Budi Sulistyo menanggapi isu soal dirinya yang disebut-sebut masuk bursa calon menteri. Ia mengaku siap jika mendapat kepercayaan untuk membantu presiden.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan ada tiga kepala daerah di Jatim yang masuk bursa calon menteri di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Bupati Ngawi Budi Sulistyo salah satunya.


Namanya disandingkan dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Bupati Banyuwangi Abudullah Azwar Anas. Ketika ditanya mengenai hal itu, bupati yang akrab disapa Kanang itu mengaku tidak masuk dalam bursa calon menteri.

"Halah, Halah....mboten, kulo niku mboten mlebu ya ( Halah Halah .... tidak, saya itu tidak masuk ya)," ujar Kanang saat dihubungi detikcom, Jumat (18/10/2019).

Namun jika namanya benar-benar masuk, menurutnya itu merupakan suatu kehormatan untuknya. Ia akan mensyukuri hal itu.

"Itu suatu kehormatanlah. Kalau saya masuk tiga besar kepala daerah di Jawa Timur Alhamdulillah. Bersyukur oleh biji apik (bersyukur dapat nilai baik).
Yang penting saya sudah seriuslah membangun pembangunan di Ngawi," terangnya.

Ia mengaku siap jika Presiden Jokowi memberi kepercayaan pada dirinya sebagai seorang menteri. Sambil berkelakar, Kanang siap walau harus menjadi kepala tukang sapu.


"Ya dadi opo sek kalau Menteri Pertahanan ora iso aku (Ya jadi apa dulu, kalau Menteri Pertahanan tidak bisa saya)," ujarnya sambil tertawa.

"Pokoknya siap sajalah. Malah jadi tukang sapu siap. Jadi kepala tukang sapu kan banyak bupati yang datang juga siap," kelakarnya.

Namun sampai saat ini, ia mengaku belum mendapat informasi terkait jabatan menteri. Saat ini ia masih serius membangun Ngawi.

"Yang penting saya seriuslah untuk membangun Kabupaten Ngawi. Siapa mau jadi menteri aku gak gagas (saya tidak memikirkan). Saya masih sampai 2021 memimpin Ngawi. Saya kayaknya lebih menyelesaikan tugaslah," lanjutnya.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan ada 5 pintu untuk menjadi calon menteri di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Salah satu pintu tersebut yakni kepala daerah.


Menurut Hasto, dari pintu kepala daerah presiden telah melakukan profiling yang dinilai berhasil membangun daerahnya. Ia menyebut, PDIP juga mempunyai banyak kepala daerah yang berhasil jika nantinya diminta.

"Tentu saja presiden telah melakukan profiling kepala-kepala daerah mana yang dinilai mampu untuk menjadi pembantu presiden. Tapi jika nanti diminta, PDIP punya banyak kepala daerah yang memiliki komitmen kerakyatan yang kuat," kata Hasto saat di kantor DPD PDIP Jatim Jalan Kendangsari, Jumat (18/10/2019).
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com