detikNews
2019/10/17 20:38:25 WIB

Polisi Surabaya Siapkan Mobil Penghalau Massa Jelang Pelantikan Jokowi

Amir Baihaqi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polisi Surabaya Siapkan Mobil Penghalau Massa Jelang Pelantikan Jokowi Kendaraan penghalau massa/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Polrestabes Surabaya mempersiapkan pengamanan menjelang dan saat pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Salah satunya dengan mendatangkan sebuah kendaraan taktis penghalau massa.

Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya Kompol Oki Ahadian Purwono mengatakan, kendaraan tersebut hanya ada 5 unit di Indonesia. Sedangkan untuk fungsinya, kendaraan berbobot 6 ton itu khusus akan diturunkan untuk menghalau unjuk rasa dengan skala massa yang besar jika terjadi kericuhan.


"Kendaraan ini akan kami turunkan dalam unjuk rasa skala besar. Kalau jumlah pendemo sudah mencapai ribuan, baru kami akan stand by kan kendaraan ini di titik kumpul para pendemo," kata Oki kepada wartawan di Mapolrestabes Surabaya, Kamis (17/10/2019).

Oki menambahkan, kendaraan taktis tersebut sengaja didatangkan dalam rangka persiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada tanggal 20 Oktober mendatang. Pihaknya juga mengaku sudah melakukan simulasi pada kendaraan yang disediakan oleh Mabes Polri itu.

"Pasti kami akan gunakan untuk pengamanan pelantikan Pak Presiden," ungkap Oki.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com