detikNews
Kamis 17 Oktober 2019, 14:59 WIB

Jelang Pelantikan Presiden, Tokoh Masyarakat Pacitan Serukan Pesan Damai

Purwoto Sumodiharjo - detikNews
Jelang Pelantikan Presiden, Tokoh Masyarakat Pacitan Serukan Pesan Damai Mahmud, Ketua Pengurus NU Kabupaten Pacitan/Foto: Purwoto Sumodiharjo
Pacitan - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, 20 Oktober tonggak penting perjalanan kenegaraan. Pesan damai pun digaungkan banyak pihak menjelang momen penting tersebut. Ini seperti disampaikan sejumlah tokoh masyarakat Kota 1001 Gua.

"Saya pribadi menginginkan pelantikan presiden dan wakil presiden besok itu berjalan lancar, tertib, dan aman," kata Indrata Nur Bayu Aji, Ketua DPRD Pacitan berbincang dengan detikcom, Kamis (17/10/2019).

Tak hanya penting bagi keberlangsungan pemerintahan, lanjut Aji, suksesnya pelantikan juga menunjukkan wajah Indonesia di kancah internasional. Sebab, peristiwa lima tahunan itu akan dihadiri sejumlah pemimpin dunia. Tak terkecuali perwakilan negara-negara sahabat.

"Dengan kondisi yang aman dan sebagainya masyarakat internasional akan melihat bahwa Indonesia benar-benar aman. Jadi sayang sekali kalau ada pergerakan dan sebagainya menjelang pelantikan ini," tandas politisi muda penghobi selancar tersebut.


Hal senada diungkapkan Mahmud, Ketua Pengurus Cabang NU Kabupaten Pacitan. Menurutnya semua pihak berkewajiban menciptakan suasana kondusif menjelang agenda nasional tersebut. Tak sekadar mengandalkan peran TNI/Polri dan pemerintah, masyarakat pun diimbau secara mandiri menjaga lingkungan masing-masing.

Dia pun berbagi kiat sederhana bagi umat. Yaitu dengan menghadang maraknya kabar bohong maupun ujaran kebencian. Jika mendapati informasi yang belum jelas kebenarannya, masyarakat diminta tak langsung percaya. Sebaliknya harus ada proses konfirmasi kepada sumber yang dapat dipercaya.

"Ketika kita mendapat informasi dan setelah kita resapi ternyata dalam hati kita menimbulkan kebencian seseorang, saya yakin seyakin-yakinnya bahwa berita itu provokasi. Jadi yang menyaring adalah diri kita sendiri," tandas Kyai Mahmud.

Pelantikan presiden, tambah Mahmud, merupakan bagian akhir dari tahapan Pemilu 2019. Hal ini ditandai terpilihnya pasangan Joko Widodo-Makruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Prosesnya pun dipastikan sudah sesuai ketentuan yang berlaku. Sehingga hasil akhirnya harus didukung.




Deretan Mobil Mewah untuk Tamu Negara Hadiri Pelantikan Jokowi:

[Gambas:Video 20detik]




(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com