Hebat! Driver Ojol Ini Lulus S-2, Cumlaude Lagi

Yakub Mulyono - detikNews
Kamis, 17 Okt 2019 14:33 WIB
Badrut Tamam dengan toga kelulusan S2 nya (Foto: Istimewa)
Jember - Badrut Tamam, warga Desa Tisno Gambar, Kecamatan Bangsalsari, tercatat sebagai mahasiswa Program Pendidikan Pascasarjana (S2) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Dirinya dinyatakan lulus dan diwisuda pada 12 Oktober 2019, dengan predikat cumlaude.

Tamam kini berhak menyandang gelar Magister Hukum. Biaya kuliah dan juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Tamam bekerja sebagai driver ojek online (ojol).


Sejak 2018, dirinya menjalani profesi sebagai driver ojol dan juga kuliah di IAIN Jember. Kini dengan predikatnya sebagai lulusan mahasiswa S2, Tamam masih ingin melanjutkan pendidikannya dan tetap dengan menjalani profesi sebagai ojol.

"Alhamdulillah saya berhasil menyelesaikan pendidikan S2 meskipun harus bertatih-tatih," kata Tamam saat berbincang dengan wartawan di sela kegiatannya menunggu penumpang, Kamis siang (17/10/2019).

Tamam bercerita dirinya mulai bergabung menjadi driver ojol sejak 2018. Selama setahun menjalani profesi sebagai ojol dilakoninya untuk menambah pemasukan biaya kuliahnya.

"Saya waktu itu sudah kuliah S2 di IAIN. Mulai kuliah S2 sejak 2017," kata Tamam.


Profesi ojol dilakoninya dengan cara membagi waktu kuliah. "Jadi saat kuliah aplikasinya itu saya off-kan. Tapi setelah selesai kuliah lanjut narik lagi," katanya.

Tamam mengaku menjadi driver ojol harus dilakoninya karena untuk menambah biaya kuliah. "Selain itu, karena saya juga tidak puas dengan ilmu yang saat ini saya peroleh. Saya suka belajar dan belajar. Meskipun dengan kemampuan dan keterbatasan biaya, saya akan berusaha untuk meraih ilmu setinggi-tingginya," tandasnya. (fat/iwd)