Sidang Vonis Kasus Video Hina NU Ditunda, Gus Nur: Kasihan Umat

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 17 Okt 2019 13:45 WIB
Gus Nur (baju biru)/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Sidang pembacaan vonis kasus video hina NU dengan terdakwa Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur ditunda Kamis depan. Sebab musyawarah putusan belum menemui mufakat. Lalu apa kata Gus Nur?

"Saya agak kecewa sidang ditunda. Tolong segera diputuskan, 2 tahun ya 2 tahun, bebas ya bebas. Bebas murni karena saya nggak salah," kata Gus Nur kepada wartawan saat jumpa pers di salah satu rumah makan di Tegalsari, Kamis (17/10/2019).

"Kasihan umat tadi ada yang datang dari Jakarta, Medan, Lombok, Bali, Madura yang datang lagi. Datang ke sini naik pesawat," tambahnya.


Menurut Gus Nur, meskipun pembacaan vonis tertunda, namun dirinya sempat mengikuti sidang yang berlangsung hanya 3 menit. Dalam sidang itu hakim hanya mengumumkan penundaan.

"Ternyata tadi sidangnya nggak sampai 3 menit. Saya duduk cuma ditanya terdakwa sehat, ya saya sehat, mohon maaf putusan belum bisa kami bacakan karena kami akan menunda Kamis depan. Tok tok sudah saya keluar," tutur Gus Nur.


"Jadi saya tertegun sama pengacara saya. Wis tah sidangnya (sudah sidangnya?). Padahal untuk masuk ke pengadilan itu saya dengar sampai jalan ditutup radius 3 kilo itu saya dengar tadi. Aksesnya ditutup," imbuhnya.

"Jadi bismillah, apapun keputusan Kamis depan pak hakim, mudah-mudahan tidak ditunda lagi. Putus ya putus, bebas ya bebas. Diintervensi biasalah dalam dunia politik. Tapi kekuatan iman pak hakim segala-galanya," tandas Gus Nur.




Simak juga video Dihina 'Macan Nusantara', Gus Nur Lapor Polisi:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/iwd)