Warga Banyuwangi Digegerkan Penemuan Janin Bayi di Lahan Kosong

Warga Banyuwangi Digegerkan Penemuan Janin Bayi di Lahan Kosong

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 17 Okt 2019 11:55 WIB
Penemuan janin bayi gegerkan warga/Foto: Istimewa
Penemuan janin bayi gegerkan warga/Foto: Istimewa
Banyuwangi - Warga digegerkan dengan penemuan janin bayi. Janin tersebut diduga sengaja digugurkan orang tuanya karena hasil hubungan gelap dan dibuang dalam kardus di lahan kosong depan wisata Alam Indah Lestari (AIL), Desa Karangbendo Kecamatan Rogojampi.

Diperkirakan usia janin malang ini masih sekitar 7-8 minggu dengan panjang 8 cm dan berat 200 gram.

Kapolsek Rogojampi, Kompol Agung Setya Budi mengatakan, janin bayi malang tersebut pertama kali ditemukan oleh Muhammad Nur, warga Desa Badean Kecamatan Blimbingsari sekitar pukul 16.30 Wib, Rabu (16/10/2019).

"Saat itu, saksi bersama teman-temannya sedang nongkrong di lokasi bekas pos satpam yg sudah tidak terpakai di lokasi wisata AIL sebelah timur," ujarnya kepada wartawan, Kamis (17/10/2019).

Saksi, lanjut Agung, saat itu hendak buang air kecil di TKP. Saat hendak kembali ke pos satpam, saksi melihat sebuah kardus bekas mie instan yang dihinggapi lalat dan terdapat robekan kain.


"Karena curiga saksi membuka kardus tersebut dan mendapati sobekan kain warna biru dan putih membungkus benda yang agak basah dan setelah dibuka ternyata janin manusia," ungkapnya.

Karena kaget saksi berteriak memanggil teman-temannya, dan membawa kardus berisi janin tersebut ke pos.

"Karena kebingungan sehingga para saksi sepakat mengubur janin tersebut, kemudian sekitar jam 18.30 Wib M Nur menggali tanah sedalam 30 cm yang berada di bawah pohon dengan jarak 7 meter dari lokasi penemuan janin kemudian meletakkan janin yang terbungkus robekan kain lalu menguburnya dan meletakkan kardus di sebelahnya, kemudian para saksi kembali ke rumah masing-masing," tambahnya.

Sekitar pukul 22.00 Wib, Nur bercerita kepada tetangganya Muhammad Zaim tentang penemuan janin bayi tersebut. Atas informasi inilah, Zaim langsung menghubungi petugas dari polsek Rogojampi.

"Petugas langsung mendatangi TKP dan melakukan penggalian ditemukan embrio tersebut dan membawanya ke Puskesmas Gitik. Janin tersebut hanya terdapat bentuk kepala embrio dan tidak dilengkapi ari-ari," ungkapnya.

Diduga kuat, janin tersebut sengaja digugurkan orang tuanya, karena hasil hubungan gelap. "Kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap orang tua yang tega menggugurkan dan membuang janin tersebut," pungkasnya.




Tonton juga video Polisi Bongkar Makam Bayi Korban Aborsi di Mamuju:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)