detikNews
2019/10/15 20:25:02 WIB

Penyelundupan 16 Ribu Baby Lobster dari Trenggalek ke Jakarta Digagalkan

Adhar Muttaqin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Penyelundupan 16 Ribu Baby Lobster dari Trenggalek ke Jakarta Digagalkan Penyelundupan 16 ribu benur lobster digagalkan polisi. (Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek - Polisi menggagalkan penyelundupan 16 ribu benur atau anak lobster. Barang tersebut rencananya akan dikirimkan ke salah satu pengepul di Jakarta.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan, dalam kasus ini, polisi mengamankan dua orang tersangka, yakni Bibit Sugiono (40), warga Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, dan Khoirul Anam (37), warga Desa Prigi, Kecamatan Watulimo, Trenggalek.

"Barang bukti yang kami sita adalah 16 ribu benih lobster yang dikemas dalam 160 kantong plastik beroksigen dan kemudian dimasukkan dalam lima kardus berukuran besar," kata Calvijn, Selasa (15/10/2019).


Penangkapan ini bermula dari informasi masyarakat tentang adanya kegiatan ilegal pengangkutan benur. Dari hasil penyelidikan, Tim Opsnal Satreskrim Polres Trenggalek menangkap pelaku Bibit Sugiono saat membawa belasan ribu benur yang diangkut Toyota Avanza bernopol AG-1245-YF di Jalan Raya Karangan, Trenggalek.

"Bibit sebagai kurir yang bertugas mengirimkan barang dari wilayah pesisir Prigi ke Jakarta. Ia mengaku pengiriman barang atas perintah pelaku Khoirul Anam," ujarnya.

Dari pengembangan, polisi menangkap tersangka Khoirul di rumahnya. Selain itu, diamankan juga barang bukti karung kantong plastik, tiga bundel kuitansi, dan sejumlah alat komunikasi.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com