detikNews
Selasa 15 Oktober 2019, 13:45 WIB

Khofifah Janji Netral dalam Pilkada 2020 di Jatim

Amir Baihaqi - detikNews
Khofifah Janji Netral dalam Pilkada 2020 di Jatim Foto: Istimewa
Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan tidak akan berpihak dalam ajang Pilkada serentak 2020 di Jatim. Penegasan itu disampaikan, karena banyak calon kepala daerah yang mengklaim mendapat dukungan dari Khofifah.

Penegasan kenetralan Khofifah itu disampaikan melalui Tim Media Gubernur Jatim Trisnadi Marjan. Ia mengatakan bahwa sampai saat ini Gubernur Khofifah tidak pernah memberikan dukungan pada siapapun.

"Sampai saat ini Ibu Khofifah netral. Baik untuk calon wali kota maupun calon bupati, tidak ada dukungan yang diberikan ibu secara khusus. Karena ibu saat ini sudah sebagai gubernur, bukan milik satu golongan melainkan milik seluruh masyarakat Jawa Timur," kata Trisnadi kepada detikcom, Selasa (15/10/2019).

Menurutnya, gubernur perempuan pertama Jatim itu merupakan milik semua warga, bukan milik satu golongan atau kelompok tertentu saja. Untuk itu ia menegaskan lagi, bahwa jika saat ini ada pihak-pihak yang mengklaim mendapat dukungan, itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan Khofifah.

"Harapan ibu gubernur, yang penting siapapun yang menang baik jadi bupati maupun jadi wali kota, mereka yang terpilih bisa bersinergi dan bekerjasama baik dengan Pemprov Jawa Timur. Jadi tidak ada Ibu Khofifah mendukung si A, B, atau C," tegasnya.

Ditambahkan Trisnadi, penegasan kenetralan itu disampaikan, karena sejumlah pimpinan partai politik berupaya menghubungi Khofifah terkait arah dukungan Khofifah pada Pilkada serentak nantinya.

"Ada beberapa pengurus partai menanyakan si A, si B apakah benar didukung bu Khofifah, saya bilang tidak, ibu netral," tandas mantan Kepala Desa Kureksari, Waru, Sidoarjo itu.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com