detikNews
Minggu 13 Oktober 2019, 12:26 WIB

Relawan Jokowi Aksi Damai di CFD Sidoarjo Dukung Pelantikan Presiden

Suparno - detikNews
Relawan Jokowi Aksi Damai di CFD Sidoarjo Dukung Pelantikan Presiden Aksi damai Relawan Jokowi di Sidoarjo/Foto: Suparno
Sidoarjo - Ratusan relawan Joko Widodo-Ma'ruf Amin aksi damai mendukung pelantikan presiden dan wakil presiden. Aksi damai digelar di Car Free Day (CFD) Jalan A Yani.

Dalam aksinya, ratusan relawan berjalan kaki melewati jalan di sekitar Alun-alun Sidoarjo. Mereka membentangkan spanduk yang bertuliskan 'Gerakan Nasional Mendukung Pelantikan Jokowi-Amin Tanggal 20 Oktober 2019'.

Menurut Korlap Aksi, Sumi Harsono, itu merupakan aksi damai untuk mendukung pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Yakni Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.


"Ini merupakan aksi damai, untuk mendukung pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada tanggal 20 Oktober 2019 yang akan datang," kata Sumi kepada detikcom di Alun-alun Sidoarjo, Minggu (13/10/2019).

Sumi menambahkan, aksi damai digelar saat CFD karena banyak masyarakat yang sedang berlibur bersama kerabatnya. Dengan harapan, masyarakat mengetahui pelantikan dan mendukung pelaksanaannya.

"Selain itu kami juga pasang badan apabila ada sekelompok masyarakat yang akan mengganggu kelancaran pelaksanaan pelantikan tersebut," tambah Sumi.


Lebih lanjut Sumi menjelaskan, karena Jokowi dan Ma'ruf Amin merupakan presiden dan wakil presiden terpilih, siapapun yang akan mengganggu pelantikan mereka maka melanggar peraturan yang ada.

"Meskipun dalam pelaksanaan pelantikan yang dilakukan di gedung dewan tersebut dijamin keamanannya oleh pihak aparat. Namun alangkah baiknya jika kami melakukan aksi damai ini agar masyarakat mengetahui," pungkas Sumi.


Seberapa Besar Eskalasi Keamanan Jelang Pelantikan Presiden? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com