Diva Dwi Rianti, Sinden Cilik Asal Blitar yang Bikin Mendikbud Terpukau

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 13 Okt 2019 10:48 WIB
Diva Dwi Rianti/Foto: Erliana Riady

Menurut Heri, kolaborasi antara sinden cilik dengan dalang senior ini penting untuk dilakukan. Bagi sinden cilik, kebanggaan tampil satu panggung bersama dalang senior bisa menyemangatinya terus melestarikan budaya Jawa. Sedangkan bagi dalang senior, ini merupakan upaya kaderisasi budaya Jawa bagi generasi muda.

"Bagi saya ini penting dilakukan. Sebagai upaya melestarikan budaya Jawa. Yang satu sindennya masih kecil. Satunya, dalang senior atau sesepuhnya dalang Indonesia," ungkap Heri Lentho, panggilan akrabnya.


Diva memang kerab tampil di pergelaran wayang kulit di kampungnya, Nglegok. Darah seni itu deras mengalir dari sang ayah, Lipur, yang seorang pengrawit atau pemain gamelan.

Sejak kelas 1 SD, Diva meminta sang ibu, Susiana, untuk memasukkan ke kelas les sinden di Blitar. Dan sejak itu, berbagai perlombaan sinden diikutinya. Terakhir, tahun 2018 kemarin dia menjadi Juara 1 Sinden tingkat SD se Kabupaten Blitar.

"Diajak Pak Heri ke Jakarta, manggung bareng Eyang Manteb seneng banget. Saya cuma latihan tiga hari, tapi gak grogi. Sudah biasa tampil sih," pungkas gadis itu sambil tersenyum manis.
Halaman

(sun/bdh)