detikNews
2019/10/12 22:03:30 WIB

Kisah Panji Sunangkoro yang Jadi Tema Festival Gandrung Sewu 2019

Ardian Fanani - detikNews
Halaman 2 dari 3
Kisah Panji Sunangkoro yang Jadi Tema Festival Gandrung Sewu 2019 Festival Gandrung Sewu 2019/Foto: Ardian Fanani

Budayawan Banyuwangi Abdullah Fauzi menambahkan, Panji-Panji Sunangkoro yang menjadi tema Gandrung Sewu 2019 adalah panji perang berupa kepala serigala melolong. Panji Sunangkoro digunakan pasukan Rempeg dalam medan tempur Puputan Bayu.

"Lambang itu untuk menciptakan suasana mencekam dan menciutkan nyali musuh. Sekarang juga biasa digunakan di awal film horor untuk menciptakan suasana mencekam," kata Fauzi.

Namun kisah yang diangkat kali ini bukan Perang Puputan Bayu, melainkan matinya Mas Alit di laut utara Gresik. Sebelum Mas Alit, beberapa bupati yang dianggap memihak pejuang Banyuwangi ditangkap dan diasingkan oleh VOC.

Festival Gandrung Sewu 2019/Festival Gandrung Sewu 2019/ Foto: Ardian Fanani


Mas Alit dianggap memihak VOC oleh pejuang bekas pasukan Rempeg. Apalagi Mas Alit naik kapal laut berbendera Belanda menuju Semarang untuk memenuhi undangan penguasa pantai utara dari VOC.

Sebagian pasukan Rempeg, setelah Puputan Bayu, tetap melawan dengan merompak kapal-kapal laut berbendera Belanda di laut. Mendengar Mas Alit akan bertemu pejabat VOC membuat mereka geram dan merencanakan penyerangan.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com