detikNews
2019/10/12 22:03:30 WIB

Kisah Panji Sunangkoro yang Jadi Tema Festival Gandrung Sewu 2019

Ardian Fanani - detikNews
Halaman 1 dari 3
Kisah Panji Sunangkoro yang Jadi Tema Festival Gandrung Sewu 2019 Festival Gandrung Sewu 2019/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Penampilan lebih dari seribu penari dalam Festival Gandrung Sewu 2019 mengisahkan tentang perjuangan rakyat Banyuwangi. Festival tersebut mengusung tema Panji-panji Sunangkoro.

Tema ini mengisahkan perlawanan prajurit pahlawan Rempeg Jogopati yang terus melakukan perlawanan terhadap Belanda. Mereka mendapat dukungan secara diam-diam dari Bupati Banyuwangi pertama, Mas Alit. Namun, dukungan ini terendus oleh VOC, dan Mas Alit dipanggil ke Semarang.

"Penjajah lalu melakukan langkah licik dengan menaikkan Mas Alit ke kapal berbendera VOC. Para prajurit yang sudah siap melakukan perlawanan di laut dengan membawa Panji Sunangkoro," ujar Budianto, Ketua Panitia Gandrung Sewu 2019, Sabtu (12/10/2019).

Festival Gandrung Sewu 2019/Festival Gandrung Sewu 2019/ Foto: Ardian Fanani


"Begitu melihat kapal VOC melewat mereka langsung menyerang kapal tersebut tanpa tahu bahwa di dalamnya ada Mas Alit," tambahnya.

Perlawanan gigih terhadap kolonial inilah yang divisualisasikan ribuan penari Gandrung dalam sebuah pagelaran seni kolosal ini. "Kita visualisasikan dengan tari dan gerak. Kita latihan lebih dari 3 bulan," tambahnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com