detikNews
2019/10/12 15:58:10 WIB

Rumah Bung Tomo di Malang Dibongkar, Satpol PP Turun Tangan

Muhammad Aminudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Rumah Bung Tomo di Malang Dibongkar, Satpol PP Turun Tangan Rumah Bung Tomo yang tengah direnovasi/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Rumah Bung Tomo di Jalan Ijen Nomor 6, Kota Malang tampak tengah dibongkar. Pembongkaran itu menarik perhatian Pemkot Malang, Tim Ahli Cagar Budaya bahkan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim. Semua pihak menginginkan renovasi dihentikan.

Rumah tersebut sebelumnya dibangun Bung Tomo sekitar tahun 1950-an. Setelah Bung Tomo meninggal, rumah itu ditempati sanak kerabat. Terakhir, rumah tersebut sempat menjadi Posko Pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

"Kami awal dapat informasi, sudah dua bulan ini dijual. Kemudian kami lakukan sidak ke lapangan bersama Satpol PP. Dan pemilik baru ingin merubah bangunan asli. Hal itu semestinya tidak bisa dilakukan, karena Jalan Ijen telah ditetapkan sebagai cagar budaya," ungkap Sekretaris Tim Ahli Cagar Budaya (TABC) Kota Malang Agung H Buana kepada detikcom, Sabtu (12/10/2019).


Menurut Agung, ada mekanisme yang harus dilalui jika ingin melakukan renovasi rumah. Khususnya di kawasan Ijen.

Pemilik tidak boleh sembarangan melakukan pembongkaran. Tujuannya, untuk menjaga estetika kawasan yang merupakan cagar budaya.

"Ini kemungkinan pembongkaran dilakukan tanpa ada rekomendasi TABC, apalagi IMB-nya. Satpol nantinya memiliki kewenangan untuk menindak," tegas Agung.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com