372 Cakades di Situbondo Deklarasi Damai dan Anti Politik Uang

Ghazali Dasuqi - detikNews
Jumat, 11 Okt 2019 14:24 WIB
Cakades di Situbondo deklarasi damai/Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Berbagai upaya dilakukan untuk menekan potensi konflik menjelang Pilkades serentak di Situbondo, 23 Oktober mendatang. Jumat (11/10/2019), sebanyak 372 calon kepala desa (Cakades) dari 115 Desa dikumpulkan di Alun-Alun Situbondo.

Bukan hanya untuk mendapat pengarahan saja. Ratusan Cakades itu sekaligus juga mengikuti deklarasi damai dan anti politik uang yang diselenggarakan oleh Panitia Pilkades Kabupaten.

"Ketertiban dan kemanan menjadi kebutuhan dalam pelaksanaan pesta demokrasi di suatu wilayah. Karena tidak mungkin ekonomi tumbuh dengan baik, jika wilayahnya tidak kondusif," kata Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto, usai deklarasi damai cakades.

Pengamatan detikcom menyebutkan, ada 5 poin deklarasi damai yang dibacakan bersama oleh para Cakades. Di antaranya, bersedia mewujudkan Pilkades yang langsung, umum, rahasia, dan jurdil. Selain itu, para Cakades juga menyatakan kesanggupannya melaksanakan seluruh tahapan Pilkades yang aman, tertib, damai, tanpa hoax, tanpa politisasi SARA dan anti politik uang.

Dalam deklarasinya, 362 Cakades di Situbondo juga menyatakan sanggup mematuhi ketentuan hukum dan mendukung upaya penegakan hukum sesuai aturan yang berlaku. Selain itu, para Cakades juga bersedia mengendalikan para pendukung dan simpatisan dalam melakukan kegiatan untuk tidak membawa sajam dan benda lain yang dapat membahayakan orang lain.


Poin terakhir, para Cakades juga bersedia menjunjung tinggi nilai demokrasi dan kejujuran dengan penuh kesaadaran untuk menerima hasil perhitungan suara, dengan siap menang dan juga siap kalah. Usai membacakan 5 poin deklarasi damai tersebut, satu per satu para cakades juga membubuhkan tanda tangannya.

"Ketertiban dan keamanan kami sebut sebagai kebutuhan, untuk memotivasi para calon agar ikut memiliki tanggung jawab menjaga kondusivitas wilayahnya," tandas Bupati Dadang.

Menurut Dadang, menjadi hak setiap warga negara untuk menjadi calon sebagai bagian pesta demokrasi Pilkades. Namun, kepentingan lebih besar harus dijunjung tinggi oleh seluruh calon. Sehingga akan mempersempit cara-cara yang tidak jujur.

"Kalah atau menang jika dilaksanakan dengan cara yang fair, itu tidak akan memancing keributan. Tapi jika tidak fair, seperti dengan perjudian atau politik uang, itu dapat menimbulkan kerawanan," papar Dadang.

Selain para cakades, Deklarasi damai ini dihadiri jajaran Forkopimda Situbondo, serta seluruh panitia Pilkades, baik di tingkat Kabupaten maupun penitia Pilkades di tingkat desa.





Tonton juga video Lapas Perempuan di Sigi Terbakar:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)