Serpihan Gerabah Era Majapahit Ditemukan di Candi Gedog Blitar

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 10 Okt 2019 16:25 WIB
Serpihan Gerabah Era Majapahit di Candi Gedog/Foto: Erliana Riady
Serpihan Gerabah Era Majapahit di Candi Gedog/Foto: Erliana Riady
Blitar - Hari ke-4 proses ekskavasi Candi Gedog, arkeolog menemukan beberapa serpihan gerabah era Majapahit. Jika dilihat, gerabah itu wadah sesaji untuk sembahyang.

Pantauan detikcom di lokasi, setidaknya ada 27 serpihan gerabah tanah liat yang dibersihkan petugas BPCB Jatim. Satu di antaranya, menyerupai corong kendi, tempat air zaman kuno. Masyarakat zaman dulu, biasanya memakai kendi sebagai tempat air minum yang langsung dituang ke dalam mulut.


Namun penemuan bagian corong kendi atau saluran airnya sangat kecil. Kendi dengan ukuran lebih kecil ini, umumnya untuk menyimpan tirta atau air suci dalam sajian ritual atau pemujaan.

"Serpihan gerabah ini bisa menjadi data suatu peradaban. Penentu usia relatifnya. Kita tidak bisa main angka atau tahun ya. Tapi bisa pada era apa atau abad ke berapa. Kalau kami lihat, memang serpihan ini gerabah tipe lokal Majapahit. Bentuknya tipis dan halus," kata Ketua Tim Ekskavasi BPCB Jatim di Candi Gedog, Nugroho Harjo Lukito kepada detikcom di lokasi, Kamis (10/10/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2