detikNews
2019/10/10 09:31:26 WIB

Khofifah Minta Kader PKK Aktif Perangi Katarak

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Halaman 1 dari 2
Khofifah Minta Kader PKK Aktif Perangi Katarak Gubernur Khofifah/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Gubernur Khofifah Indar Parawansa meminta para kader PKK di Jatim ikut memerangi katarak. Itu merupakan program mewujudkan universal eye health dan gerakan bebas katarak.

"Kami berharap para kader PKK bisa ikut menyisir dan mengidentifikasi terutama di kabupaten atau kota yang masih terdeteksi penderita katarak yang membutuhkan layanan kesehatan," kata Khofifah di Kantor Sekretariat TP PKK Jatim, Jalan Gayung Kebonsari 56A Surabaya, Kamis (10/10/2019).

Nantinya, kata Khofifah, hal ini akan dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan hingga rumah sakit. Jadi, semua penderita katarak bisa mendapatkan layanan terbaik.


"Sehingga tim dari Dinas Kesehatan maupun rumah sakit dapat memberikan penjangkauan layanan," imbuhnya.

Selain ikut menyisir, Khofifah berharap para kader bisa ikut melakukan sosialisasi dan menyampaikan pesan kepada masyarakat. Pesan ini terkait penanganan dan pencegahan masalah kesehatan secara lebih komprehensif.

"Penjangkauan layanan kesehatan baik dari Pemprov maupun Pemkab atau Pemkot mungkin terbatas. Di sinilah peran para kader PKK hingga dasawisma ini tetap menjadi andalan dan unggulan sebagai mitra pemerintah untuk ikut memberikan informasi penjangkauan layanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan hingga ke daerah-daerah," paparnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com