detikNews
2019/10/10 07:19:11 WIB

Hebat, Tiga Pelajar Lamongan Olah Kulit Siwalan Jadi Kertas Media Tanam

Eko Sudjarwo - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hebat, Tiga Pelajar Lamongan Olah Kulit Siwalan Jadi Kertas Media Tanam Pelajar berprestasi/Foto: Istimewa
Lamongan - Kulit buah Siwalan menjadi limbah yang terbuang setelah buahnya dimanfaatkan menjadi olahan makanan dan minuman. Di tangan pelajar Lamongan, kulit buah Siwalan ini disulap menjadi kertas media tanam alternatif.

3 Pelajar SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan, yang membuat kreasi itu yakni Faradhita Diniyatuz Zahroh, Almas Naifatuzzuhroh dan M. Ariiq Setiawan.

"Di Lamongan, khususnya di wilayah Paciran banyak kulit buah siwalan dan itu terbuang begitu saja, sehingga menjadi limbah," kata salah satu dari 3 pelajar tersebut, Almas Naifatuzzuhroh mengawali perbincangan, Kamis (10/10/2019).


Almas mengatakan, untuk memanfaatkan kulit buah siwalan ini akhirnya mereka bertiga meneliti kandungan yang ada di kulit buah siwalan ini. Hingga akhirnya muncul ide untuk memanfaatkannya menjadi kertas media tanam alternatif.

"Serat yang ada pada kulit buah siwalan yang kita manfaatkan menjadi kertas media tanam," terang Almas.

Proses pembuatan kertas media tanam berbahan dasar kulit buah siwalan ini cukup mudah dan sangat sederhana. Awalnya, papar Almas, mengumpulkan kulit siwalan untuk kemudian dipotong-potong dan dijemur hingga berwarna kecoklatan.

"Proses selanjutnya adalah menghaluskan potongan kulit buah siwalan tadi untuk diambil seratnya," ujarnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com