detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 17:24 WIB

Sabu Senilai Rp 70 Juta Disita dari Kurir Mojokerto-Jombang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabu Senilai Rp 70 Juta Disita dari Kurir Mojokerto-Jombang Polisi bekuk kurir dua kota/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Narkotika jenis sabu senilai Rp 70 juta disita dari seorang kurir. Pria yang sehari-hari mencari rongsokan ini biasa mengirim sabu dari Surabaya ke Mojokerto dan Jombang.

Kurir sabu tersebut yaitu Budi (25), warga Mojowarno, Jombang. Dia sudah satu tahun menjadi perantara bandar dengan pengedar sabu. Budi biasa mengirim narkotika golongan I itu dari Surabaya ke Mojokerto dan Jombang.

Kasat Resnarkoba Polres Jombang AKP Moch Mukid mengatakan, Budi diringkus saat mengirim barang ke Mojoagung, Jombang, Senin (7/10) sore. Untuk menangkapnya, polisi harus mengintai selama sebulan.

"Tersangka mendapatkan sabu dari Surabaya dengan sistem ranjau. Kemudian dikirim ke pengedar di Mojokerto dan Jombang," kata Mukid kepada wartawan di Mapolres Jombang, Jalan KH Wahid Hasyim, Rabu (9/10/2019).


Dalam penangkapan tersebut, lanjut Mukid, pihaknya menyita sabu seberat 50 gram. Narkotika golongan I itu telah dikemas menjadi puluhan paket yang masing-masing seberat 1-2 gram. Sabu tersebut hanya sisa dari pengiriman ke Mojokerto.

"Nilainya kurang lebih Rp 70 juta," terang Mukid.

Ia menjelaskan, setiap pekan Budi rutin mengambil sabu dari bandar di Surabaya. Untuk pengiriman ke Mojokerto dan Jombang saja, tersangka mengambil hingga 200 gram atau Rp 280 juta. Dari jasanya itu, Budi menerima upah Rp 1-1,5 juta.

"Kalau sebulan 4 kali ambil, dia mendapatkan upah Rp 6 juta," ungkapnya.

Akibat perbuatannya, Budi dijerat dengan Pasal 114 dan 112 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Hukuman penjara seumur hidup sudah menantinya.


Simak juga video "WNI Selundupkan Narkoba Senilai Rp 14 M ke Filipina" :

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com