detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 16:51 WIB

Pemkab Malang Beri Trauma Healing Bagi Pengungsi Wamena yang Pulang

Muhammad Aminudin - detikNews
Pemkab Malang Beri Trauma Healing Bagi Pengungsi Wamena yang Pulang Pengungsi Wamena asal Malang tiba di Lanud Abdulrachman Saleh beberapa waktu lalu/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Pemkab Malang melalui Dinas Sosial memberikan trauma healing bagi pengungsi Wamena asal Kabupaten Malang. Mereka sebelumnya pulang ke Malang dengan menumpang pesawat Hercules dan armada laut.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang Nur Hasyim menyatakan, trauma healing diberikan bagi 17 warga yang memilih pulang dari Wamena pascakerusuhan.

"Trauma healing dilakukan untuk menghilangkan dampak psikis bagi para pengungsi itu," ujar Hasyim kepada wartawan di DPRD Kabupaten Malang, Jalan Panji, Kepanjen, Rabu (9/10/2019).


Menurutnya, 17 orang itu berasal dari lima kecamatan. Yakni Singosari, Ngajum, Pakisaji, Wonosari dan Wajak. Di Wamena, sebelum terjadi kerusuhan mereka bekerja sebagai driver ojek online.

"Masih dalam tahap pemulihan trauma di keluarganya masing-masing. Karena ketika datang, mereka dalam kondisi linglung. Setelah itu baru akan kami berikan pelatihan," imbuh Hasyim.


Ia menambahkan, pekan depan gelombang pengungsi Wamena asal Kabupaten Malang akan kembali tiba. Dari catatan sementara, rombongan itu berjumlah 60 orang.

"Kalau tidak salah pada 16 Oktober akan datang lagi. Jumlahnya sekitar 60 orang asal Kabupaten Malang," pungkas Hasyim.


Simak juga video "Saksi Mata: Kerusuhan Picu Gelombang Eksodus di Wamena" :

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com