detikNews
Selasa 08 Oktober 2019, 17:51 WIB

Ribuan Lembar Kayu Dijemur Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 1 Miliar

Muhajir Arifin - detikNews
Ribuan Lembar Kayu Dijemur Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 1 Miliar Lokasi tempat penjemuran lembaran kayu jati/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Kebakaran di lokasi penjemuran lembaran kayu di Kelurahan Patahunan, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, padam. Ribuan lembar kayu jati bahan mebel ludes jadi arang.

"Ini kayu jati. Kerugiannya ditaksir Rp 1 Miliar," kata Wasono Catur Aldoko Sekretaris BPBD Kota Pasuruan di lokasi, Selasa (8/10/2019).

Kebakaran terjadi di tempat penjemuran kayu milik Sanip, warga setempat, ini terkadi pukul 11.30 WIB. Menurut sejumlah warga, api berasal dari pembakaran rumput kering dan sekam di sisi utara lokasi penjemuran kayu.

Karena cuaca terik dan angin yang kencang, api cepat membesar dan menjalar ke lembaran kayu jati yang tertata rapi. Dalam sekejap, hampir separuh kayu yang dijemur ludes dilumat di jago merah.

"Ada yang bakar rumput dan sekam di utara. Karena anginnya kencang merambat ke kayu," kata Erwin, salah seorang warga. Kesaksian Erwin dibenarkan Subandi, warga lainnya.


Sebanyak tiga mobil Damkar dari Pemkot dan Pemkot Pasuruan dikerahkan untuk menjinakkan api. Puluhan warga juga membantu memadamkan api. Angin kencang membuat api sulit dipadamkan.

"Kita kesulitan air ya, banyak sungai kering," kata petugas BPBD.

Karena kebakaran tak kunjung bisa dikendalikan, puluhan warga yang sebelumnya membantu pemadaman memutuskan untuk menyelamatkan lembar-lembar kayu jati yang belum terbakar. Mereka rela terpapar hawa panas kebakaran.

Lembar-lembar kayu tersebut diambil dari tempat penjemuran. Kemudian diselamatkan ke persawahan dan jalan raya. Setelah kayu-kayu yang tersisa dievakusi, kebakaran padam dengan sendirinya.


Simak juga video "Api Masih Berkobar, Obyek Wisata Kawah Putih Ditutup Sementara" :

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com