detikNews
Selasa 08 Oktober 2019, 13:55 WIB

Ribuan Lembar Kayu Jati yang Dijemur Terbakar, 3 Damkar Dikerahkan

Muhajir Arifin - detikNews
Ribuan Lembar Kayu Jati yang Dijemur Terbakar, 3 Damkar Dikerahkan Kebakaran ribuan lembaran kayu jati (Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan - Kebakaran terjadi di tempat penjemuran ribuan lembar kayu jati bahan mebel di Kelurahan Petahunan, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Tiga mobil pemadam kebakaran dikerahkan.

Kebakaran terjadi pukul 11.30 WIB. Menurut Subandi (54), warga sekitar, kebakaran bermula dari bagian selatan lokasi penjemuran. Karena cuaca terik dan angin yang kencang, api cepat membesar. Dalam sekejap, hampir separuh kayu yang dijemur ludes dilumat si jago merah.

"Api dari selatan. Nggak tahu dari apa," kata Subandi, yang juga ikut memadamkan kebakaran, Selasa (8/10/2010).

Pantauan di lokasi, kobaran api meludeskan ribuan lembar kayu jati yang dijemur. Api berkobar dan asap hitam membubung ke udara.


Sebanyak tiga mobil Damkar dari Pemkot Pasuruan dikerahkan untuk menjinakkan api. Puluhan warga juga membantu memadamkan api. Namun hingga pukul 13.15 WIB, api masih berkobar.

"Angin kencang membuat api sulit dipadamkan. Apalagi ini kayu yang terbakar. Kendalanya angin kencang dan sulit cari air. Sungai-sungai terdekat kering," kata Kepala BPBD Kota Pasuruan Samsul Hadi di lokasi.

Karena kebakaran tak kunjung bisa dikendalikan, puluhan warga yang sebelumnya membantu pemadaman memutuskan untuk menyelamatkan lembar-lembar kayu jati yang belum terbakar.

Mereka rela terpapar hawa panas kebakaran. Lembar-lembar kayu tersebut diambil dari tempat penjemuran. Kemudian diselamatkan ke persawahan dan jalan raya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com