detikNews
2019/10/08 09:59:48 WIB

Polemik Usai, Polisi Pastikan Warga Trenggalek Bisa Nikmati Air Bersih

Adhar Muttaqin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polemik Usai, Polisi Pastikan Warga Trenggalek Bisa Nikmati Air Bersih Saat pihak kepolisian membuka keran Pamsimas di Desa Gamping/Foto: Istimewa
Trenggalek - Polemik pelaksanaan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Gamping Trenggalek akhirnya tuntas. Polisi memastikan telah menghentikan proses penyelidikan dan warga tetap bisa menikmati fasilitas air bersih.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan, dari hasil kajian internal kepolisian serta komunikasi yang dilakukan dengan sejumlah instansi terkait, pihaknya belum menemukan adanya potensi tindak pidana dalam pengelolaan Pamsimas tersebut. Pihaknya memilih melakukan proses pembinaan terhadap dugaan adanya penyelewengan dalam kasus itu.

"Karena kami juga mempertimbangkan aspek lain. Termasuk azas manfaat yang kini dirasakan oleh warga dari adanya program itu," kata Jean Calvijn, Selasa (8/10/2019).


Pihaknya mengaku telah meninjau langsung lokasi pembangunan saluran air bersih itu. Dalam komunikasi di lapangan, warga menyebutkan program Pamsimas mampu menyuplai air ke 250 warga di Desa Gamping. Air dari kawasan lereng perbukitan tersebut ditarik menggunakan pipa dan disalurkan ke rumah-rumah warga.

Manfaat penyediaan air bersih tersebut dinilai cukup besar bagi masyarakat Gamping. Sebab di kawasan tersebut rata-rata merupakan lereng perbukitan yang tandus. Sehingga sulit untuk mendapatkan air bersih khususnya saat musim kemarau seperti layaknya daerah datar.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com