detikNews
Senin 07 Oktober 2019, 21:37 WIB

Ikuti Google Map, Bule Prancis yang Naik Motor Ini Nyasar Masuk Tol

Muhammad Aminudin - detikNews
Ikuti Google Map, Bule Prancis yang Naik Motor Ini Nyasar Masuk Tol Bule yang masuk tol diberhentikan polisi (Foto: Tangkapan layar video)
Malang - Seorang WN Prancis tertangkap naik motor masuk tol Malang-Pandaan. Bule bernama Philippe itu kemudian dibawa kembali keluar ruas jalan tol. Kepada petugas, dia mengaku hendak menuju Taman Safari di Pasuruan, Kabupaten Malang.

Peristiwa ini terjadi pada Senin (7/10/2019), sekitar pukul 08.30 WIB, saat itu Phillippe diketahui tengah mengendarai motor Honda Scoopy bernopol AG 3164 RAP. Dia melaju masuk melalui pintu tol Singosari, Kabupaten Malang.

Petugas pintu tol yang tak sempat menghentikan laju kendaraan Philippe akhirnya menghubungi Tim PJR Ditlantas Polda Jawa Timur.

Bersamaan Kanit PJR Jawa Timur IV AKP Suwarno bersama anggotanya tengah menggelar patroli, langsung menghadang laju motor Philippe.


Foto: Tangkapan layar video

Tak lama, petugas melihat Philippe tengah mengendarai motor dari arah Malang menuju Pasuruan.

"Kami kemudian menghentikan pengendara motor tersebut. Di sana kami sampaikan, bahwa roda 2 atau motor dilarang masuk ruas tol Malang-Pandaan," ujar Suwarno kepada wartawan, Senin (7/10/2019).

Bersamaan, Philippe menunjukan paspor, SIM internasional, dan STNK dari motor yang disewanya itu. "Dari paspor dan SIM internasional yang ditunjukkan, kami mengetahui identitas yang bersangkutan. Yakni bernama Phillipe warga negara Perancis," beber Suwarno.

Pada saat itu, Phillippe mengaku usai bermalam di hotel Solaris yang berlokasi tidak jauh dari gerbang tol Singosari. Dia juga menjelaskan alasannya hingga bisa masuk ruas tol Malang-Pandaan melalui gerbang Singosari.


"Jadi habis keluar hotel (Solaris) yang bersangkutan mengikuti petunjuk Google Map yang memberikan arah menuju Taman Safari, Pasuruan, di mana lokasi yang hendak dituju. Arah Google Map-lah yang mengarahkan yang bersangkutan masuk ruas tol Malang-Pandaan," terang Suwarno.

Petugas selanjutnya memberikan penjelasan kepada Philippe terkait larangan roda dua masuk ke jalur tol. Dia kemudian diantar petugas keluar dari ruas tol Malang-Pandaan.

"Dari keterangannya, juga diketahui bahwa dia merupakan wisatawan yang baru dua hari di Malang," pungkasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com