Puluhan Pelajar SD di Malang Keracunan Jajanan Sekolah

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 05 Okt 2019 16:28 WIB
Polisi kumpulkan barang bukti/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Puluhan pelajar SD Negeri Tawangargo 2, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, keracunan. Sebelumnya, mereka diduga mengonsumsi jajanan yang dibeli di dekat sekolah. Para pelajar itu kemudian mengalami mual dan muntah hingga kemudian dilarikan ke puskesmas terdekat.

"Iya benar, ada dugaan keracunan yang dialami para siswa-siswi SD Tawangargo. Kejadiannya pagi tadi," terang Kapolsek Karangploso AKP Effendi Budi Wibowo kepada detikcom, Sabtu (5/10/2019).

Dikatakan, para pelajar yang diduga mengalami keracunan duduk di bangku kelas 2, 3, dan 4. Sementara untuk jumlahnya mencapai 23 orang.


"Ada 23 pelajar yang menjadi korban, mereka siswa-siswi kelas 2, 3, dan 4. Semua sudah mendapatkan perawatan medis di puskesmas," terangnya.

Hasil penyelidikan sementara, kata Effendi, para pelajar ketika jam istirahat membeli jajanan yang dijual dekat sekolah. Tak lama, setelah mengonsumsi jajanan tersebut, para pelajar langsung mengeluh pusing, mual hingga muntah.

"Dari penyelidikan terungkap bahwa para korban sebelumnya membeli jajanan yang dijual dekat sekolah. Kami tidak tahu jenis jajanan itu, masih kita dalami. Tak lama setelah itu, para pelajar mengeluh pusing, mual dan muntah. Para guru yang mengetahui langsung membawa mereka ke puskesmas," beber kapolsek.


Aparat kepolisian tengah mendalami dugaan kasus keracunan yang menimpa puluhan pelajar itu. Sejumlah saksi dimintai keterangan, untuk memastikan jenis jajanan yang dikonsumsi para pelajar.

"Penyelidikan terus kita lakukan, dengan meminta keterangan para guru, korban untuk mengungkap jenis jajanan yang dikonsumsi. Untuk para korban sendiri telah dipulangkan dari puskesmas untuk menjalani rawat jalan," pungkasnya. (fat/fat)