detikNews
Jumat 04 Oktober 2019, 18:49 WIB

Rayakan Hari Jadi, TNI di Tulungagung Ajak Polisi Main Permainan Tradisional

Adhar Muttaqin - detikNews
Rayakan Hari Jadi, TNI di Tulungagung Ajak Polisi Main Permainan Tradisional TNI merayakan hari jadinya dengan permainan tradisional bersama polisi (Foto: Adhar Muttaqin)
Tulungagung - Momen perayaan ulang tahun kerap kali hanya dilakukan dengan meniup lilin hingga potong kue, namun menjelang HUT ke -74 TNI di Tulungagung justru berbeda, sejumlah aparat kepolisian dan tentara melakukan aneka permainan tradisional.

Beberapa permainan tradisional yang lombakan di halaman Kodim Tulunggung adalah balap kelereng dengan sendok hingga permainan ambil koin yang ditancapkan pada buah jeruk. Keseruan pun langsung pecah saat kedua institusi tersebut saling bersinergi untuk menuntaskan permainan.

Pada permainan kelereng, Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia dan Dandim 0807 Letkol Inf Wildan Bahtiar saling bekerjasama, dua buah sendok makan digabungkan menjadi satu pada bagian cekungan dan dipasang sebuah kelereng, sedangkan masing-masing ujung sendok digit oleh kapolres dan dandim.

Keduanya harus berjalan beradu cepat dengan peserta lain yang juga dilakukan gabungan antara polisi dan tentara. Peserta hasus menjaga keseimbangan dan mencegah agar kelereng tidak jatuh hingga garis finish.


"Ini adalah salah satu cara kami dalam menjaga sinergitas atau kekompakan dengan jajaran TNI," kata Eva Guna Pandia, Jumat (5/10/2019).

Sedangkan permainan lain juga tak kalah seru, yakni mengambil koin pada buah jeruk. Dalam permainan ini dua dua orang aparat gabungan TNI dan Polri berlomba untuk mengambil uang koin yang tertancap pada buah jeruk Bali dan dilumuri cairan. Pengambilan koin hanya boleh dilakukan dengan cara digigit.

Wajah petugas yang tadinya bersih langsung berubah penuh dengan 'celontengan' setelah berusaha mengambil koin dengan mulut. Posisi buah jeruk yang digantung membuat peserta kesulitan untuk mengambil koin yang menancap. Mereka harus saling bekerjasama agar bisa lebih banyak mengambil koin.

"Selain permainan kami juga tumpeng ulang tahun serta pelayanan perpanjangan SIM gratis bagi anggota TNI di Kodim 0807 Tulungagung," ujarnya.


Pandia berharap dengan usia yang ke-74 TNI semakin profesional dan solid dalam menjaga keutuhan NKRI serta saling membantu bersama Polres Tulungagung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu Dandim 0807 Tulungagung, Letkol Inf Letkol Inf Wildan Bahtiar menyambut baik kejutan yang diberikan Kapolres beserta jajarannya dan Bupati Tulungagung. "Inilah wujud sinergi kami di Tulungagung," katanya.

Pihaknya berharap momen ulang tahun TNI menjadi lebih profesional dan amanah dalam menjaga keamanan dan keutuhan Republik Indonesia.


Simak juga video "Peringati HUT TNI, Lantamal Makassar Bikin Mural dan Posko Kesehatan":

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com