Kebakaran Pabrik Perabotan Rumah Tangga Menjalar ke Garasi, 1 Truk Ludes

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 04 Okt 2019 15:17 WIB
Kebakaran di Mojokerto meluas/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Kebakaran hebat melanda pabrik plastik perabotan rumah tangga menjalar ke garasi yang berisi puluhan truk tangki. Setidaknya satu truk tangki ikut terbakar. Sementara puluhan lainnya sedang dievakuasi dari lokasi.

Garasi truk tangki gandeng terletak persis di sebelah selatan pabrik plastik perabotan rumah tangga CV Surya Santoso Sejati. Lokasinya keduanya di Jalan Raya Mojosari-Trawas KM 2.5, Desa Banjartanggul, Kecamatan Pungging, Mojokerto.

Pantauan detikcom di lokasi, hingga pukul 14.30 WIB api masih berkobar di dalam gudang penyimpanan barang hasil produksi CV Surya Santoso Sejati. Asap hitam pekat terus mengepul hingga menghalangi cahaya matahari.

Terlihat sebuah truk tangki di area garasi sudah hangus terbakar bagian kabinnya. Roda bagian depan truk juga sudah meleleh. Jarak truk ini hanya sekitar 4 meter dari gudang pabrik yang terbakar.

Perwakilan pemilik armada truk tangki gandeng Temy mengatakan, truk tersebut tersambar api dari gudang CV Surya Santoso Sejati. Beruntung para sopir truk bersama petugas pemadam kebakaran (PMK) sigap memadamkan api.


"Belum kami cek semua berapa yang terbakar. Yang kelihatan satu itu," kata Temy kepada wartawan di lokasi, Jumat (4/10/2019).

Ia menjelaskan, terdapat 36 unit truk tangki gandeng di dalam garasi tersebut. Menurut dia, puluhan truk tangki itu digunakan untuk mengangkut tetes tebu atau molases.

"Ini sedang kami pindahkan supaya tidak terbakar," terang Temy.

Upaya untuk mengevakuasi truk tangki gandeng hingga kini masih berlangsung. Temy dan anak buahnya sibuk mencari kunci dari setiap truk yang bercampur dalam sebuah tas. Selanjutnya kunci diserahkan kepada para sopir untuk segara membawa keluar truk dari lokasi.

Kesibukan juga nampak di dalam CV Surya Santoso Sejati. Angin yang berhembus kencang di lokasi kebakaran membuat api terlihat sangat besar. Asap hitam pekat terus mengepul. Raungan sirine mobil PMK terus terdengar karena kendaraan itu hilir mudik masuk ke area pabrik (fat/fat)