detikNews
Rabu 02 Oktober 2019, 15:04 WIB

Ini Alasan Puluhan Polwan Bawa Poster Sambut Demo Buruh di DPRD Jatim

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Ini Alasan Puluhan Polwan Bawa Poster Sambut Demo Buruh di DPRD Jatim Para Polwan saat menyambut kedatangan para buruh. (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya - Sebanyak 120 Polwan dikerahkan dalam pengamanan demo buruh di DPRD Jatim. Mereka terbagi dalam dua kelompok, yakni Pasukan Asmaul Husna dan pembawa poster menarik.

Pasukan Asmaul Husna mengenakan serban dan melantunkan nama-nama baik yang dimiliki Allah SWT. Sedangkan pasukan Polwan pembawa poster berdiri untuk mengucapkan selamat datang kepada para buruh yang hendak berdemo. Poster yang mereka bawa bertuliskan seruan damai, namun menggunakan bahasa santai.

"Ada 120 personel, 40 Polwan membawa poster unik dan 80 personel Pasukan Asmaul Husna. Mereka berjaga bergantian," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera kepada wartawan di DPRD Jatim, Rabu (2/10/2019).


Barung kemudian menjelaskan tujuan pihak kepolisian membuat poster berisi tulisan-tulisan menarik tersebut. Menurutnya, poster-poster tersebut membawa kesejukan menjelang demo buruh di DPRD Jatim.

"Membawa kesejukan, faktor psikologi itu penting dalam rangka memajukan aspirasi agar sejuk, coba diberi tulisan, itu kan enak. Untuk memberikan pelayanan berbeda," tambah Barung.


Barung berharap tujuan kedua belah pihak tercapai. "Agar tujuan yang diharapkan bisa tercapai. Buruh bisa tercapai dengan tuntutannya dan polisi tercapai tugasnya menjaga keamanan," lanjut Barung.

Seperti pantauan detikcom, ribuan buruh dari berbagai se-Jatim mulai datang dan memadati Jalan Indrapura depan DPRD Jatim. Rombongan buruh tampak membawa sejumlah poster dan berbagai atribut bendera dari berbagai elemen buruh.




Tonton juga video Buruh Serukan 3 Tuntutan, Dari Masalah Upah hingga Iuran BPJS:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com