detikNews
Selasa 01 Oktober 2019, 14:08 WIB

4 Ekor Gajah Indonesia Dipinjam Australia, untuk Apa?

Amir Baihaqi - detikNews
4 Ekor Gajah Indonesia Dipinjam Australia, untuk Apa? Foto: Istimewa
Sidoarjo - Indonesia mengirim 4 ekor gajah asal Sumatera ke Australia. Pengiriman itu dalam rangka program peminjaman pengembangbiakan satwa (breeding loan).

4 Ekor gajah itu masing-masing bernama Megawati, Raflesia, Widya dan Christina yang merupakan koleksi PT Taman Safari Indonesia (TSI), Prigen, Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Kepala Karantina Surabaya Musyaffak Fauzi mengatakan, sebelum dikirim ke Australia, gajah-gajah itu dikarantina sejak November 2018. Selama di tempat karantina, gajah-gajah mendapat pengamatan dan pemeriksaan bersama untuk mengetahui kesehatannya selama setahun.

"Sebelum dikirim ke Australia, gajah-gajah tersebut telah dikarantina sejak November 2018 di Instalasi Karantina Hewan (IKH) PT TSI. Dalam masa karantina, pihak karantina 2 negara Indonesia dan Australia melakukan pengamatan dan pemeriksaan secara bersama-sama," kata Musyaffak dalam keterangan resminya yang diterima detikcom, Selasa (1/10/2019).

"Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui adanya parasit baik ektoparasit maupun endoparasit, TBC, Surra, dan Haemorrhagic Septicemia," tambah Musyaffak.


Setahun setelah dikarantina, terang Musyaffak, ke-4 gajah tersebut dinyatakan sehat dan aman. Gajah-gajah itu pun kemudian diterbangkan menuju ke Negeri Kangguru melalui Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo.

Selama perjalanan ke Australia, gajah-gajah tersebut ditemani 2 keeper dari Taman Safari Indonesia dan dokter hewan Australia Zoo serta Manager operasional Australia Zoo.

"Sesuai hasil masa karantina kurang lebih 1 tahun, keempat gajah tersebut sehat dan aman untuk dilalulintaskan sehingga sertifikat kesehatan dapat diterbitkan dan gajah dapat diterbangkan ke Australia melalui Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo," tutur Musyaffak.

Peminjaman pengembangbiakan satwa yang dilindungi lintas negara sendiri telah diatur dalam Peraturan Menteri Kehutanan RI No: p.83/Menhut-II/2014 tentang Peminjaman Jenis Satwa Liar Dilindungi ke Luar Negeri untuk Kepentingan Pengembangbiakan (Breeding Loan).

Adapun pasal yang menerangkan peminjaman itu terdapat dalam pasal 2 yang menerangkan mengenai peminjaman jenis satwa liar kepada lembaga konservasi luar negeri untuk kepentingan pengembangbiakan (breeding loan).

Dalam pasal tersebut dijelaskan tujuan peminjaman pengembangbiakan antara lain pada poin a, untuk pelestarian dan pengembangbiakan (breeding) non-komersial dan pada poin b, untuk perbaikan genetik atau penambahan darah baru (fresh blood) bagi satwa sejenis yang menjadi koleksi lembaga konservasi luar negeri.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com