Jeli Pilih Air Minum Hindarkan Penyakit Degeneratif

Fatichatun Nadhiroh - detikNews
Senin, 30 Sep 2019 17:40 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Surabaya - Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengklaim mengonsumsi air yang tidak mengandung mineral bisa meningkatkan risiko osteoporosis, hipertensi, serangan jantung, dan hipotiroid.

Dan harus diingat bahwa dalam memilih air minum itu untuk memenuhi hidrasi sehat. Dengan mengonsumsi air mineral, bisa sangat bermanfaat untuk mendukung upaya menjaga kesehatan tubuh.

Tentunya air minum kemasan yang layak dikonsumsi memiliki kemasan atau botol yang bersih, label dan tanggal kedaluwarsa yang jelas, serta kode produksi yang sama pada bagian tutup dan botolnya.

"Setelah itu, pastikan air dalam kemasan berkualitas baik, dengan tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa sebelum diminum. Dan pastinya tidak mengandung bahan berbahaya," ungkap Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr dr Diana Sunardi M.Gizi SpGK, Senin (30/9/2019).

Dia menjelaskan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) produk yang diatur secara ekstensif karena mempunyai peran yang sangat penting dalam kesehatan masyarakat.


"Dari berbagai jenis air minum yang dipasarkan di Indonesia, hanya 4 jenis air minum dalam kemasan yang dibahas lebih lanjut dalam acara kali ini, yaitu air mineral, air demineral, air oksigen dan air alkali (pH tinggi)," ujarnya.

Air Mineral merupakan AMDK paling mudah ditemukan di pasaran. Dan dalam air mineral terdapat kandungan natrium, kalsium, zinc, florida, magnesium, kalium, dan silica yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sementara Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Nurul Ratna Mutu Manikam M.Gizi, SpGK(K) menjelaskan bahwa minum air yang cukup sangatlah penting untuk keseimbangan pengaturan proses biokimia.

"Selain itu, air juga penting untuk pengatur suhu, pelarut, pembentuk sel, pelumas sendi dan bantalan organ tubuh, media transportasi zat energi dan sisa metabolisme. Dan Kemenkes di Tumpeng Gizi Seimbang, terlihat selain memenuhi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, kita juga harus memenuhi kebutuhan air dengan rekomendasi 8 gelas sehari," terangnya.

"Dan kami berkomitmen menjaga kemurnian produk mulai dari sumber mata air, proses produksi, hingga kontrol kualitas di pasar," tambah Hydration Science Director PT Tirta Investama (Danone-Aqua), dr Tria Rosemiarti. (fat/fat)