detikNews
Senin 30 September 2019, 20:55 WIB

Ingin Temui Mahasiswanya, Pemkab Mimika Koordinasi dengan Pemprov Jatim

Amir Baihaqi - detikNews
Ingin Temui Mahasiswanya, Pemkab Mimika Koordinasi dengan Pemprov Jatim Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Rombongan Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob melakukan pertemuan dengan Pemprov Jatim yang diwakili Wakil Gubernur Emil Dardak di Gedung Negara Grahadi. Kedatangan mereka bertujuan untuk menemui sejumlah mahasiswa asal Papua khususnya dari Mimika yang saat ini berada di seluruh Jatim.

"Ada informasi mahasiswa yang pulang kembali ke Papua karena ada rasa tidak nyaman ada rasa ketakutan sehingga mereka pulang ke sana. Kami datang ke sini kami koordinasikan dengan pak wagub Pemprov Jatim dengan ibu gubernur kira-kira apa sih sebenarnya yang mereka rasakan atau hanya ikut-ikutan apa dengar-dengar isu,"kata Johannes kepada wartawan di Grahadi, Senin (30/9/2019).

"Kami datang ingin melihat itu. Dan mohon izin ingin bertemu dengan anak-anak kami sebagai orang tua dan anak," Johannes menambahkan.

Dari pertemuan itu, lanjut Johannes, ia mengimbau agar para mahasiwa tidak kembali ke Papua saat sedang kuliah. Untuk itu, pihaknya juga telah meminta izin menitipkan para mahasiswa ke Pemprov Jatim.


"Kami berharap masih bersekolah di sini dan kemudian menjadi berhasil di sini. Kami titipkan anak-anak kami kepada Pemprov Jatim agar bisa menjaga anak-anak kita dengan baik. Kami berharap dan kami memberikan nasihat kepada mereka untuk bisa tetap sekolah di sini dengan bersikap menyesuaikan lingkungan di Jatim," ujarnya.

"Kebetulan yang balik dari Mimika ke sini baru 17. Ya kita harapkan mereka kembali lagi" imbuh Johannes.

Menurut Johannes, saat ini setidaknya ada sekitar 300 mahasiswa asal Mimika yang sedang berkuliah yang tersebar di kota-kota di Jatim. Di antara mereka ada yang kuliah dibiayai penuh dan ada juga atas biaya sendiri.


"Mahasiswa banyak sekali. Dari Mimika kurang lebih 300-an tersebar di Jawa Timur ada di Malang. Kami pembiayaannya ada yang kami berikan penuh melalui besiswa lembaga maupun pemerintah melalui bantuan pendidikan, ada juga melalui bantuan afirmasi dan ada juga atas biaya sendiri," terang Johannes.

Ditanya apakah, mahasiswa ada yang berada di asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan? Johannes menyebut tidak ada yang tinggal di sana.

"Kebetulan kami di Mimika tidak ada di situ (asrama mahasiswa Papua)," tandas Johannes.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com