Diduga Akibat Puntung Rokok, Gudang Kayu di Sidoarjo Terbakar

Diduga Akibat Puntung Rokok, Gudang Kayu di Sidoarjo Terbakar

Suparno - detikNews
Senin, 30 Sep 2019 19:45 WIB
Petugas PMK terus berusaha memadamkan gudang terbakar (Foto: Suparno)
Petugas PMK terus berusaha memadamkan gudang terbakar (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Kebakaran melanda sebuah gudang kayu UD Marga Jaya di Jalan Lingkar Timur Sidoarjo. PMK Sidoarjo menerjunkan 10 unit mobil pemadam kebakaran.

Kejadian kebakaran diketahui sekitar pukul 17.00, diduga sumber api dari puntung rokok. Untuk memudahkan proses pemadaman, Jalan Lingkar Timur ditutup dan arus lalu lintas diarahkan ke jalan protokol.

"Untuk memudahkan proses pemadaman jalan lingkar Timur sementara ditutup total," kata Kompol Sujud Kapolsekta Buduran di lokasi kebakaran, Senin (30/9/2019).

Sujud mengatakan gudang yang terbakar ini merupakan gudang kayu kelapa yang setiap hari diperjualbelikan. Pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa kejadian itu sekitar pukul 17.00 WIB.


"Saat ini perugas pemadaman kebakaran berjibaku memadamkan api," tambah Sujud.

Komandan Peleton PMK Sidoarjo dari Posko Buduran, Eko, mengatakan pihaknya telah mengerahkan 10 unit mobil PMK. "Kita sudah mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran namun kita kesulitan karena lokasi kebakaran jauh dari sumber air," kata Eko.

Eko juga mengatakan sebelum kejadian kebakaran di lingkar Timur ini, pihak pemadam juga tengah menangani laporan kebakaran di dua lokasi lain yakni di Jabon dan di Waru.

"kami mengakui kesulitan karena armada mobil pemadam kami juga tengah memadamkan kebakaran di Jabon dan Waru yakni lahan kosong, sehingga kita terlambat sampai di lokasi lingkar timur.

Sementara itu menurut salah satu saksi di lapangan Usman (40) sopir truk yang kebetulan lewat di lokasi kejadian mengatakan api terlihat dari bawah dan bukan dari atas.


"tadi pas lewat api muncul dari bawah, bukan dari atas (kabel pln), saya menduga dari pemakai jalan yang mrmbuang puntung rokok sehingga membakar tumpukan kayu," kata Usman.

Melihat api membesar, Usman mengaku dirinya kemudian menepikan kendaraan dan berusaha memadamkan api dengan dibantu pengendara kendaraan lain yang kebetulan lewat. ", saya sempat menggedor pintu gudang namun tidak ada yang membuka, kayaknya semua karyawan sudah pulang," kata Eko.

Dari pantauan detikcom di lokasi, hingga pukul 19.00 WIB api masih membara karena membakar tumpukan kayu kelapa. (iwd/iwd)