Ribuan Petani di Jember Demo Tuntut Realisasi Reforma Agraria

Ribuan Petani di Jember Demo Tuntut Realisasi Reforma Agraria

Yakub Mulyono - detikNews
Senin, 30 Sep 2019 13:22 WIB
Demo petani di Jember/Foto: Yakub Mulyono
Demo petani di Jember/Foto: Yakub Mulyono
Jember - Ribuan petani Jember yang tergabung dalam Serikat Tani Independen (SEKTI) turun ke jalan menuntut realisasi reforma agraria. Mereka juga menolak RUU pertanahan. Selain itu, mereka juga menuntut segera dibentuk Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) agar hak-hak petani terkait lahan pertanian dapat terkelola dengan baik.

Aksi damai dan unjuk rasa yang dilakukan itu, diawali dengan menyampaikan orasi dan penyampaian tuntutan di depan Kantor Pemkab Jember, sekitar pukul 10.00 WIB, Senin (30/9/2019).

"Kami menuntut hak-hak petani, karena ingin petani yang juga bagian dari rakyat. Sejumlah persoalan terkait pertanian, mulai dari menjalankan reforma agraria sejati, dan juga menolak RUU pertanahan yang tidak perhatian terhadap petani," kata Korlap Aksi Jumain dalam orasinya.

Selain itu, lanjut Jumain, pihaknya juga menuntut dibentuk Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA). "Karena harusnya bupati mengesahkan itu, dan kami minta untuk segera dibentuk," tegasnya.

Dalam aksinya, Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal mengawal langsung, dan juga menyampaikan tanggapannya di depan ribuan petani.


"Perjuangkan hak-hak petani, kami imbau Asisten 1 (bagian pemerintahan) untuk segera membentuk Gugus Tugas Reforma Agraria sesuai permintaan petani. Ikuti aksi sesuai petunjuk keamanan dari polisi,"'ujar kapolres asal Sumenep itu.

Selama kurang lebih 30 menit melakukan aksi dan orasi, karena Bupati Jember Faida sedang tugas ke Korea dan Wabup Jember Muqiet Arief sedang ke Semarang, Jawa Tengah, massa aksi berpindah menuju ke Kantor DPRD Jember Jalan Kalimantan, Kecamatan Sumbersari untuk menyampaikan aspirasinya.

"Kami juga ingin mendesak para anggota dewan itu untuk mendesak dan menekan bupati, agar melaksanakan tuntutan kami," tegas Korlap Aksi Jumain.

Dengan longmarch dari kantor Pemkab Jember, ribuan petani itu menuju Gedung DPRD dikawal kapolres.


Unras Mahasiswa di Babel, Tuntut Pemerintah Perhatikan Nasib Petani:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)