ITdBI 2019 Lancar, Polisi: Terima Kasih Warga Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 29 Sep 2019 20:23 WIB
Foto: Ardian Fanani
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Gelaran International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019 telah usai. Ajang tahunan balap sepeda yang digelar selama 4 hari ini berlangsung aman.

Polisi bersama dengan petugas gabungan TNI, Satpol PP, Dishub, Kecamatan hingga hansip di Desa-desa di Banyuwangi, menjadi kunci kelancaran jalannya lomba yang melewati jalan protokol kota hingga jalan desa ini.

Bahkan, untuk memantau langsung ajang ini, Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi pun rela menggunakan motor gede milik kepolisian berkeliling mengawal jalannya lomba.

"Tidak setiap hari. Tapi dua etape saya pakai moge untuk mengawal kegiatan ini," ujar Taufik kepada detikcom, Minggu (29/9/2019).


Menurut Taufik, kolaborasi polisi bersama dengan TNI, Satpol PP, Kecamatan hingga hansip di Desa mengamankan rute perjalanan ITdBI 2019 sangat bagus. Sebelum pelaksanaan lomba hingga pascalomba, jalanan sangat bersih. Selain itu dirinya juga salut dengan masyarakat yang rela menghentikan kendaraan saat pebalap sepeda dari 23 negara melintas.

"Terima kasih kepada masyarakat yang rela untuk berhenti saat balapan berlangsung. Petugas kepolisian bergabung dengan petugas gabungan yang lain juga solid mengamankan lomba. Sayu jam sebelum lomba berlangsung, jalanan clear. Saya pantau langsung kemarin," tambahnya.

Meski berjalan lancar, kata Taufik, pihaknya akan tetap melakukan evaluasi kegiatan pengamanan ITdBI 2019. Evaluasi ini dilakukan untuk membenahi kekurangan yang ada.

"Meski lancar memang ada evaluasi. Mungkin di tahun depan bisa lebih banyak jalanan di perkampungan. Karena bisa menunjukkan keindahan Banyuwangi yang alamnya sangat bagus," pungkasnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih kepada aparat keamanan yang telah menjaga dan melancarkan kegiatan ITdBI 2019 ini.


"Terima kasih kepada aparat kepolisian, TNI, Satpol PP dan Linmas yang telah membuat lancar dan amannya ajang terbesar di tahun ini," ujarnya.

Anas juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang antusias dengan ajang ini. "Sepanjang jalan yang dilalui oleh para pebalap sepeda Internasional sangat ramai. Berbagai kesenian juga nampak di pinggir jalan. Sampai jumpa lagi di tahun 2020," pungkasnya.

TDBI 2019 dilaksanakan selama empat hari, 25-28 September 2019. Pebalap akan menempuh empat etape dengan total lintasan 520,6 KM. Mereka akan melewati keindaan lansekap Banyuwangi, mulai dari Taman Nasional Alas Purwo hingga melewati rute mendaki ke Gunung Ijen. (iwd/iwd)