detikNews
Jumat 27 September 2019, 19:19 WIB

Aksi #SurabayaMenggugat Tinggalkan Jejak Vandalisme Dekat DPRD Jatim

Titania Dewanti - detikNews
Aksi #SurabayaMenggugat Tinggalkan Jejak Vandalisme Dekat DPRD Jatim Jejak aksi vandalisme di Surabaya/Foto: Titania Dewanti
Surabaya - Jejak vandalisme berupa coretan-coretan banyak ditemukan dekat Gedung DPRD Jatim. Mayoritas coretan berisi ungkapan kekesalan pada DPR RI.

Seperti pantauan detikcom di sekitar Gedung DPRD Jatim, sejumlah bukti aksi vandalisme tampak di Jalan Bubutan, Genteng Kali dan Jalan Pahlawan.

"KITA YANG KEMPRET DPR YANG REPOT. TOLAK RUU NGAWUR," berikut salah satu coretan yang ada di Jalan Bubutan seperti yang dilihat detikcom, Jumat (27/9/2019).


Kamis (26/9), massa berdemo di depan Gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura, Surabaya dalam aksi bertajuk #SurabayaMenggugat. Massa yang didominasi mahasiswa itu mencapai puluhan ribu jiwa.

Maka dari itu, yang menjadi lautan manusia tidak hanya Jalan Indrapura. Melainkan jalan-jalan lain di sekitar gedung dewan tersebut.

Jejak vandalisme di Jalan Pahlawan/Jejak vandalisme di Jalan Pahlawan/ Foto: Titania Dewanti


Tidak hanya menyampaikan penolakan terhadap RUU KUHP hingga UU KPK, sejumlah pendemo juga diduga melakukan aksi vandalisme. Yakni dengan membubuhkan coretan di sekitar lokasi unjuk rasa.

Terlepas dari aksi vandalisme yang terjadi di jalan-jalan sekitar Gedung DPRD Jatim, pihak kepolisian Surabaya sudah lebih dulu mengamankan empat terduga vandalisme. Yang bersangkutan diamankan sebelum demo berlangsung. Mereka diduga telah melakukan aksi vandalisme di sejumlah tempat pada Rabu (25/9) malam.


Simak juga video "Sweeping Pelajar di Surabaya, Polisi Temukan Celurit dan Pisau":

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com