Tuntutan Disepakati, Massa #SurabayaMenggugat Mulai Bubarkan Diri

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 26 Sep 2019 17:35 WIB
Lokasi demo yang mulai lengang karena mahasiswa mulai membubarkan diri (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Setelah sejumlah tuntutannya disepakati Ketua DPRD Jatim, sebagian dari massa aksi #SurabayaMenggugat mulai membubarkan diri. Ribuan mahasiswa terlihat balik ke kampusnya masing-masing.

Melihat kepulangan massa dengan tertib, Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan mengapresiasi masyarakat hingga mahasiswa yang melakukan aksinya secara damai.

"Sebelumnya saya ucapkan terimakasih dulu ke masyarakat Jawa Timur yang hari ini melaksanakan unjuk rasa di depan kantor DPRD provinsi. Alhamdulillah secara keseluruhan untuk jalannya unjuk rasa kita bisa melihat semuanya berjalan dengan tertib," kata Luki di Kantor DPRD Jatim Jalan Indrapura Surabaya, Kamis (26/9/2019).


Sementara saat ditanya adanya ratusan massa yang belum membubarkan diri, Luki menambahkan pihaknya akan melakukan langkah persuasif agar massa lekas bubar. Salah satunya dengan menerjunkan para polisi wanita yang mengalunkan Asmaul Husna.

"Ini tuntutannya sudah semuanya, makanya kami polwan-polwan kami turunkan semuanya untuk menyampaikan membacakan Asmaul Husna untuk mendinginkan. Mudah-mudahan mereka bisa kembali dengan tertib, mudah-mudahan kami akan terus mengimbau menyampaikan mereka untuk bisa kembali dengan tertib," ujar Luki.


Luki juga menyebut pihaknya akan berkomunikasi terkait apa keinginan ratusan massa yang belum membubarkan diri.

"Yang jelas kami akan lakukan secara secara kekeluargaan secara persuasif dan kami akan kedepankan komunikasi dengan mereka. Permintaannya mereka sudah dilaksanakan semuanya, kita lihat apa lagi yang mereka inginkan mudah-mudahan kurang lebih sekitar 500 orang ini kita akan tetap melakukan komunikasi," pungkas Luki.




Tonton video Lantunan Asmaul Husna dari Polwan Surabaya Sambut Para Demonstran:

[Gambas:Video 20detik]

(hil/iwd)