Di Pacitan Pocong Ikut Demo Tolak Produk Hukum Kontroversial

Purwoto Sumodiharjo - detikNews
Rabu, 25 Sep 2019 12:51 WIB
Mahasiswa membawa pocong berdemo di DPRD Pacitan. (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan - Aksi penolakan terhadap sejumlah produk hukum yang dinilai kontroversial juga merambah Pacitan. Ratusan mahasiswa Kota 1001 Gua turun ke jalan. Uniknya, tak hanya berorasi dan membawa atribut, mereka juga mengusung pocong.

Mereka memulai aksi di pintu barat pendapa Kabupaten, Jalan JA Suprapto. Di tempat tersebut mereka berorasi selama 15 menit. Sebuah mobil pikap pembawa pengeras suara sekaligus difungsikan sebagai panggung. Sementara itu ratusan mahasiswa berdiri melingkar sembari membentangkan spanduk dan poster.

"RUU KUHP justru lebih sadis daripada peninggalan Belanda. Bahwa hukum itu panglima, itu slogan belaka," teriak Danur Suprapto, salah satu orator, disambut tepuk tangan massa, Rabu (25/9/2019).


Pada kesempatan yang sama, mahasiswa juga menyoroti UU KPK yang baru saja disahkan DPR. Mereka menilai produk hukum tersebut bakal membuat lembaga antirasuah itu makin lemah. Mereka pun mengibaratkan KPK akan menjadi kadal, yang hanya mengekor buaya.

"Bagaimana KPK bisa menangkap koruptor jika Dewan Pengawas ditunjuk oleh presiden? Apa jadinya jika koruptor menguasai negeri ini?" tanya Catur Wahyono, orator lain.
Selanjutnya
Halaman
1 2