Warga Bumi Blambangan Antusias Sambut Tour de Banyuwangi Ijen 2019

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 25 Sep 2019 09:19 WIB
Bupati Anas dan sejumlah pembalap Tour de Banyuwangi Ijen/Foto: Ardian Fanani
Bupati Anas dan sejumlah pembalap Tour de Banyuwangi Ijen/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Sehari sebelum balapan dimulai, para pembalap Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI) menyapa ribuan warga dalam sebuah upacara pembukaan di halaman kantor Bupati Banyuwangi. Warga pun menyambutnya dengan meriah.

Beragam kesenian khas Banyuwangi ditampilkan sebagai ungkapan selamat datang kepada pembalap dari 23 negara tersebut. Satu per satu pembalap ITDBI dari 19 tim naik ke atas panggung untuk diperkenalkan kepada ribuan warga yang hadir. Mereka melambaikan tangan seraya menyapa warga dengan semangat.

Kesenian seperti Jaran Buto, Kebo-keboan, dan berbagai tari khas ditampilkan. Kemudian dilanjutkan tabuhan rebana yang menandai secara resmi peluncuran ajang balap sepeda kedelapan itu.


Dalam sambutannya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, TdBI adalah salah satu event yang dinanti warga. Rakyat Banyuwangi merasa mendapat kehormatan dan siap menjamu kehadiran atlet internasional.

"TdBI telah menjadi momen bagi warga untuk saling gotong-royong menyiapkan event internasional ini. Semua warga ikut berpartisipasi menyiapkan agar jalur yang dilalui pembalap aman dilewati. Bersinergi dengan kepolisian, TNI, juga organisasi masyarakat untuk mendukung kesuksesan acara ini," kata Bupati Anas," Rabu (25/9) malam.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3