Satu Hektare Hutan Pinus Trenggalek Terbakar

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 24 Sep 2019 16:37 WIB
Kebakaran di hutan Trenggalek (Foto: dok. Istimewa)
Trenggalek - Sekitar 1 hektare kawasan hutan pinus di Kecamatan Suruh, Trenggalek, terbakar. Kebakaran diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang oleh pengguna jalan.

Kepala Sub-Kesatuan Pemangku Hutan (KSKPH) Kediri Selatan Andy Iswindarto mengatakan kebakaran kali ini terjadi di hutan di Dusun Daren, Desa/Kecamatan Suruh, Trenggalek. Kejadian dilaporkan oleh salah satu petugas Perhutani. Saat itu api diketahui berasal dari tepi jalan raya.

"Awalnya yang terbakar itu adalah semak-semak dan rumput kering di pinggir jalan raya, tapi kemudian dengan cepat merembet ke kawasan hutan," kata Andy.

Mengetahui kejadian itu, sejumlah tim gabungan dari Perhutani, BPBD, TNI, Polri dan masyarakat berusaha melakukan proses pemadam dan membuat pembatas agar api tidak merembet ke kawasan hutan yang lain.


Pihaknya menduga kebakaran ini berasal dari puntung rokok yang dibuang oleh pengguna jalan karena titik awal kebakaran berada di tepi jalan raya. "Karena kondisi semak-semak saat ini kering sehingga mudah terbakar," ujarnya.

Andy menambahkan saat ini kobaran api telah bisa dipadamkan. Meski demikian, sejumlah petugas masih disiagakan di sekitar lokasi kejadian guna mengantisipasi apabila kembali terjadi kebakaran.

"Proses pemadaman api berlangsung sekitar 1,5 jam. Ada 19 petugas dan masyarakat yang tadi ikut melakukan pemadaman," ujarnya.

Sementara itu, kerugian akibat peristiwa karhutla itu masih dalam penghitungan Perhutani. Namun Andy menjelaskan titik yang terbakar rata-rata pada bagian bawah tegakan. (fat/fat)