detikNews
2019/09/22 12:45:47 WIB

3 Hari Jadi Pembicara di Markas PBB, Ini yang akan Dibahas Risma

Amir Baihaqi - detikNews
Halaman 1 dari 2
3 Hari Jadi Pembicara di Markas PBB, Ini yang akan Dibahas Risma Wali Kota Risma/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan melakukan lawatan ke markas Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat selama 3 hari. Ia menjadi pembicara di 4 sesi forum global.

Pada sesi pertama yang berlangsung Senin (23/9), wali kota perempuan pertama Surabaya itu akan berbicara mengenai penanganan perubahan iklim di UN Headquarter, yang dipimpin langsung Sekjen PBB Antonio Guterres. Sesuai jadwal, Risma akan berbicara setelah presiden Turki dan Kenya.

"Hari pertama aku diminta menjadi pembicara di sidang forum PBB, setelah Presiden Kenya dan Turkey. Nanti yang mimpin forum itu Sekjen PBB sendiri," kata Risma di rumah dinasnya Jalan Sedap Malam, Minggu (22/09/2019).


Di sana, Risma akan memaparkan keberhasilannya menekan kenaikan suhu sampai 2 derajat. Keberhasilan menekan suhu karena wali kota 2 periode itu gencar melakukan penanaman pohon dan membangun ruang terbuka hijau (RTH) serta taman-taman kota yang saat ini tersebar di penjuru Kota Pahlawan.

"Saya memang ingin Surabaya jadi kota dingin. Kalau sudah dingin nanti bisa gampang melahirkan para seniman. Itu seperti Mozart dan Bach dan lain-lain itu muncul dari kota-kota yang iklimnya dingin. Coba pegang itu kata-kata saya. Nah, kalau sudah dingin juga jadi gampang cari uang," terangnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com