detikNews
2019/09/20 15:23:14 WIB

Jeritan Petani Jagung Tulungagung Gegara Pupuk Subsidi Masih Diblokir

Adhar Muttaqin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jeritan Petani Jagung Tulungagung Gegara Pupuk Subsidi Masih Diblokir Lahan jagung di Tulungagung (Foto: Adhar Muttaqin)
Tulungagung - Ribuan petani di Kecamatan Tanggunggunung Tulungagung semakin resah. Itu karena pupuk bersubsidi untuk wilayahnya hingga kini masih diblokir Kementerian Pertanian.

"Kalau tidak ada pupuk ya tidak bisa panen, kalau tidak panen ya tidak bisa makan," kata salah seorang petani Tanggunggunung Imam Syafi'i kepada , Jumat (20/9/2019).

Para petani mengaku sudah melakukan berbagai upaya terkait pemblokiran tersebut, mulai dari komunikasi dengan Dinas Pertanian Tulungagung hingga mengirim surat ke Kementerian Pertanian di Jakarta. Namun upaya itu belum membuahkan hasil, pasokan pupuk subsidi masih tetap diblokir.


"Belum ada hasil yang positif, bagaimana ya, kalau masih tetap diblokir mungkin teman-teman akan berangkat ke Jakarta untuk mempertanyakan langsung ke Kementan," ujarnya.

Menurut Imam, mandeknya pasokan pupuk di Tanggunggunung menjadi perhatian serius dari para petani, sebab tanpa pupuk subsidi, ribuan petani tidak bisa bercocok tanam secara maksimal.

Petani mengaku tidak mampu jika harus menggunakan pupuk nonsubsidi karena harganya mencapai Rp 300 ribu/sak, sedangkan pupuk bersubsidi Rp 90 ribu/sak.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com