Sebelum Tetapkan DPO Polisi Geledah Rumah Veronica Koman, Apa Temuannya?

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 20 Sep 2019 12:01 WIB
Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Sebelum menetapkan status Daftar Pencarian Orang (DPO) kepada tersangka kasus provokasi kerusuhan di Asrama Mahasiswa Papua Veronica Koman, polisi telah melakukan penggeledahan ke kediaman Veronica. Apa temuannya?

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan mengatakan pihaknya tidak bisa merinci barang apa yang ditemukan dan diamankan. Karena pihaknya masih meneliti beberapa dokumen.

"Sementara masih diteliti dokumen-dokumennya," kata Luki di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (20/9/2019).


Sebelumnya, Luki menyebut pihaknya telah melakukan gelar perkara selama lima hari sebelum menetapkan status DPO dan mengurus surat permohonan red notice.

"Lima hari dan kita sudah melakukan (gelar perkara) beberapa kali kemarin langsung untuk menetapkan DPO dan red notice," imbuhnya.


Sedangkan untuk penggeledahan di kediaman Veronica di Jakarta, Luki menyebut hal ini merupakan bentuk upaya paksa sebelum menetapkan DPO. Upaya paksa ini untuk melakukan pencarian jejak Veronica di Jakarta.

"Saat ini kami sudah mengeluarkan DPO, yang mana kemarin sudah melakukan upaya paksa dari pihak penyidik yaitu melakukan pencarian ke rumah yang di Jakarta dan melakukan penggeledahan. Demikian dari situ kami melakukan penggeledahan dan menetapkan DPO," pungkas Luki.


Polisi Buru Veronica Koman Tersangka Provokasi Asrama Papua:

[Gambas:Video 20detik]



(hil/iwd)