detikNews
Kamis 19 September 2019, 22:17 WIB

Gunung Semeru Luncurkan Guguran Awan Panas

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Gunung Semeru Luncurkan Guguran Awan Panas Gunung Semeru/Foto: Nur Hadi Wicaksono
Lumajang - Gunung Semeru mengeluarkan guguran awan panas dari puncak kawah aktif. Awan panas meluncur dengan kecepatan tinggi menuju arah selatan yakni kawasan Besuk Bang, Besuk Kembar dan Besuk Kobokan.

Meski mengeluarkan awan panas, status Semeru masih waspada level 2. Dari data pos pengamatan Gunung Api Semeru periode 18 September 2019 pukul 00.00-24.00 WIB, Semeru secara visual teramati jelas.


Lalu letusan teramati terjadi tiga kali. Kemudian mengalami dua kali guguran dengan jarak luncur seratus sampai seribu meter dari pusat guguran.

Aktifitas kegempaan terpantau terjadi letusan 17 kali. Satu kali embusan dan tektonik jauh satu kali. "kami mendapatkan laporan dari Pos pengamatan Gunung Api Semeru bahwa Gunung Semeru mengeluarkan guguran awan panas. Namun demikian, status Gunung Semeru masih waspada level 2," ujar Kabid pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi, Kamis (19/9/2019).


Petugas mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius empat kilometer di sektor lereng selatan sampai tenggara Semeru. Kemudian mewaspadai gugurnya kubah lava di kawah Jonggring Seloko.

"Petugas menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius sejauh empat kilometer di sektor lereng selatan-tenggara Gunung Semeru ," pungkas Wawan.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com