detikNews
2019/09/19 21:34:12 WIB

Desa Kreatif Jadi Basis Pengembangan Destinasi Wisata Super Prioritas

Suki Nurhalim - detikNews
Halaman 1 dari 2
Desa Kreatif Jadi Basis Pengembangan Destinasi Wisata Super Prioritas Seminar Arah Pengembangan Industri Desa Berbasis Teknologi di Surabaya/Foto: Istimewa
Surabaya - Pengembangan destinasi wisata super prioritas bakal dimulai dari desa. Yakni dengan mengembangkan desa-desa kreatif.

"Dengan jumlahnya yang masif (75,436 desa di seluruh Indonesia), pembangunan yang bersifat bottom-up, hanya akan berhasil apabila kita ikut memberdayakan seluruh sumber daya yang ada di desa," kata Ketua Tim Quick Win 5 Destinasi Super Prioritas Irfan Wahid dalam keynote speech-nya di seminar Arah Pengembangan Industri Desa Berbasis Teknologi di Surabaya, Kamis (19/9/2019).


"Mengembangkan desa-desa kreatif merupakan salah satu pendekatan kita dalam mengembangkan pariwisata di 5 destinasi super prioritas. Desa kreatif di Joglosemar, Kawasan Danau Toba dan Mandalika terbukti menjadi daya tarik wisatawan mancanegara karena nilai budayanya yang begitu kental. Membangun desa dengan pariwisata sebagai driver-nya," imbuh Irfan Wahid.

Seminar tersebut juga ikut dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Emil Dardak dan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November, Prof Mochammad Ashari.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com