detikNews
Rabu 18 September 2019, 12:39 WIB

Sepasang Paruh Baya Bukan Pasutri Ini Ditangkap Usai 3 Kali Pesta Sabu

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Sepasang Paruh Baya Bukan Pasutri Ini Ditangkap Usai 3 Kali Pesta Sabu Konferensi pers Polsek Sukomanunggal (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya - Sepasang paruh baya bukan suami-istri di Surabaya ditangkap. Mereka ditangkap setelah ketahuan kerap mengkonsumsi sabu.

Pengguna sabu tersebut adalah M (50), warga Jalan Kebon Dalem, Surabaya, dan SI (52), warga kelahiran Mojokerto yang tinggal di Jalan Kapasari, Tambaksari.


Keduanya ditangkap oleh petugas saat Operasi Cipta Kondisi Polsek Sukomanunggal pada Sabtu (14/9). Mereka mengaku sudah tiga kali melakukan pesta sabu berdua.

"Sudah tiga, tapi yang keempat ketangkap polisi," kata M kepada wartawan di Polsek Sukomanunggal, Rabu (18/9/2019).

M, yang sudah memiliki sembilan cucu, mengaku menggunakan sabu untuk menambah stamina. Sebab, dalam keseharian, ia bekerja sebagai buruh cuci.

"Saya gunakan untuk menambah stamina," tambah M.

M dan SI mengakui sabu tersebut dibeli dari seorang bandar di kawasan Jalan Bala Dewo, Surabaya. "Sabu itu saya beli Rp 300 ribu," lanjut M.


Mereka melakukan pesta sabu di rumah M. Barang terlarang itu dikonsumsi di kamar mandi saat suami M sedang tidur.

"Iya, di kamar mandi, tapi bergantian," kata M.

Kapolsek Sukomangunggal Kompol Muljono mengatakan pihaknya mendapatkan laporan ada pasangan paruh baya yang sering berpesta narkoba di sebuah rumah.

"Pelaku ditangkap sekitar pukul 12 malam di daerah Penggiran sewaktu Cipta Kondisi. Setelah identitasnya jelas, kemudian kami potong. Ternyata betul pasangan lansia ini membawa sabu," kata Muljono.

Setelah keduanya ditangkap, polisi kemudian menelusuri rumah M. "Tersangka M suka nyabu di rumahnya sendiri dengan pasangan lansianya, sudah tiga kali," terang Muljono.


Meski kedua pelaku menggunakan sabu dengan alasan stamina, polisi tidak percaya begitu saja. Sebab, M diketahui masih memiliki suami. Begitu juga dengan SI, yang punya istri.

"Kami tidak percaya begitu saja. Karena ibu ini sudah memiliki suami dan nyabu dilakukan di kamar mandi," papar Muljono.

Dari tangan keduanya, polisi mengamankan barang bukti sabu seberat 0,56 gram. Keduanya terancam dijerat Pasal 114 ayat (1) juncto Pasal 112 ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com