detikNews
Senin 16 September 2019, 15:09 WIB

Hari Olahraga Nasional, Gubernur Khofifah Kenalkan Jatim Seger

Titania Dewanti - detikNews
Hari Olahraga Nasional, Gubernur Khofifah Kenalkan Jatim Seger Foto: Istimewa
Surabaya - Gubernur Khofifah Indar Parawansa memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang digelar di lapangan Pendopo Ronggosukowati, Pamekasan, Madura. Khofifah memperkenalkan Jatim Seger atau Senang Gerak.

Jatim Seger memiliki tujuan untuk menggerakkan roda kehidupan di Jatim. Usai memperkenalkan, Khofifah mengajak seluruh peserta untuk melakukan senam laga bersama.

"Kita ingin menandai Haornas ini dengan meluncurkan Jatim Seger, Jatim Senang Bergerak. Senang untuk kita semua, bahagia untuk kita semua, sejahtera untuk kita semua. Kita bergerak untuk menggerakkan seluruh roda kemajuan di Jawa Timur," kata Khofifah di Pamekasan, Madura, Senin (16/9/2019).

Selain itu, Khofifah menjelaskan jika Jatim Seger terinspirasi dari iklan layanan masyarakat di salah satu televisi. Iklan tersebut bertajuk 'Isi Piringku dan Bergerak'. Yang mana tagline tersebut dinilai lebih kekinian dan bergantung pada makanan khas masing-masing daerah, serta ditambah dengan aktivitas bergerak.

"Jadi isi piringku plus bergerak. Tidak hanya olahraga. Bisa bergerak jalan lapangan, dimana saja saja pokoknya bergerak. Jadi dimana saja, kapan saja kayak tema Haornas ini. Ayolah olahraga dimana saja kapan saja. Artinya mobilitas atau pergerakan itu penting," papar Khofifah.


Dalam mengaplikasikan Jatim Seger, Khofifah juga mengajak masyarakat menggerakkan atau menghijrahkan masyarakat. Terutama dari yang miskin menjadi sejahtera, dari yang tertinggal menjadi berkemajuan hingga dari yang kurang terdidik menjadi tercerdaskan.

"Kita juga harus menggerakkan atau menghijrahkan anak-anak kita semua dari yang malas menjadi kerja keras," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Khofifah juga memaparkan program pemberian beasiswa terhadap atlet berprestasi hingga pendidikan S3. Pemberian beasiswa ini sudah dilakukan sejak Rakerda KONI Jatim beberapa bulan lalu.

Selain itu, program ini telah digagas sejak navigasi program sebelum dirinya dilantik menjadi Gubernur Jatim, yang kemudian dikomunikasikan dengan KONI Jatim.

"Jadi sebetulnya pada Rakerda yang lalu, kita sudah memulai untuk memberikan beasiswa itu baik S1 maupun S2. Kalau ada yang kemudian akan melanjutkan S3 mereka juga akan mendapatkan hak yang sama," lanjutnya.
(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com