detikNews
Sabtu 14 September 2019, 08:35 WIB

Nasib PPPK Ponorogo Belum Kantongi SK Meski Dinyatakan Lulus

Charolin Pebrianti - detikNews
Nasib PPPK Ponorogo Belum Kantongi SK Meski Dinyatakan Lulus Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah/WinarkoFoto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Proses rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) ternyata masih menyisakan masalah. Sebab, meski pengumuman hasil PPPK sudah dilakukan sejak April lalu, hingga saat ini pemberkasan dan pengangkatan belum dilaksanakan.

Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Winarko Arief menambahkan pihaknya masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.

"PPPK ini sesuatu yang baru bagi daerah, tapi arahan yang jelas dari pemerintah pusat belum ada," tutur Win saat dikonfirmasi, Sabtu (14/9/2019).

Win menambahkan data PPPK yang lolos ada 206 orang. Mereka berasal dari unsur tenaga guru, kesehatan, hingga penyuluh pertanian. Termasuk para guru honorer yang sudah mengantongi status kategori 2 (K2). Lantaran nasibnya menggantung, para PPPK pun masih bekerja sesuai status lama mereka.

"Persiapan pemberkasan pun belum bisa dilakukan karena belum tahu, berkas yang dikumpulkan apa saja, belum ada petunjuk dari pusat," tukasnya.


Hingga kini, PPPK masih bekerja di tempat asal masing-masing sambil menunggu kepastian dari pemerintah pusat.

Ironisnya, pemerintah pusat masih saja ngeyel meminta daerah kembali merekrut PPPK. Mereka bahkan mematok target di 2023 seluruh pegawai non PNS harus dikonversi menjadi PPPK.

"Jadi kelak statusnya hanya PPPK. Kalau sekarang kan masih macam-macam istilahnya. Seperti guru honorer, K2, maupun guru/pegawai tidak tetap (GTT-PTT)," imbuh dia.

Pusat sudah meminta daerah mengusulkan lowongan untuk rekrutmen PPPK gelombang kedua tahun ini termasuk lowongan untuk CPNS. Bumi Reyog mengusulkan total 531 lowongan, dengan rincian 177 untuk CPNS dan 345 untuk CPPPK.





Tonton video Mendagri: Tak Masalah Anggota DPRD Gadaikan SK:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com