detikNews
Jumat 13 September 2019, 21:09 WIB

Warga Situbondo Berebut Naik Kendaraan Tempur Marinir Saat Parade

Ghazali Dasuqi - detikNews
Warga Situbondo Berebut Naik Kendaraan Tempur Marinir Saat Parade Parade kendaraan tempur di Situbondo/Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Sejumlah kendaraan tempur Korps Marinir TNI AL masuk dan melintasi jalanan Kota Situbondo. Kehadiran kendaraan tempur tersebut langsung menyita perhatian warga.

Warga malah langsung berbondong-bondong menyaksikan di tepi jalan raya. Tak cukup hanya melihat-lihat, sebagian warga bahkan saling berebut naik ke atas kendaraan tempur.

Warga makin antusias karena Marinir yang menjadi kru kendaraan tempur tampak ramah. Mereka terus menebar senyum sembari mempersilakan warga untuk mendekat dan menaiki kendaraan tempur.

Parade kendaraan tempur di Situbondo/Parade kendaraan tempur di Situbondo/ Foto: Ghazali Dasuqi


Tak ingin melewatkan kesempatan yang ada, banyak warga yang langsung mendekat. Sebagian juga langsung swafoto di depan kendaraan serbu milik Korps Marinir tersebut.

"Saya senang bisa naik tank milik pak tentara ini. Tadi saya digendong sama ayah dinaikkan ke atas tank. Waktu di atas tank saya juga sudah difoto sama ayah," kata Fatih, seorang anak yang senang bukan kepalang, Jumat (13/9/2019).

Seperti informasi yang dihimpun detikcom, usai mengikuti Latihan Gabungan Dharma Yudha 2019, sejumlah kendaraan tempur Korps Marinir TNI AL langsung ikut serta dalam Parade Alutsista TNI di Kota Situbondo. Alutsista TNI ini juga akan mengikuti pameran di Alun-alun Situbondo hingga Selasa (17/9) mendatang.

Sebelum masuk ke arena pameran, puluhan kendaraan tempur Korps Marinir sengaja melakukan parade dari garis start di Jalan Basuki Rahmat Situbondo. Puluhan kendaraan tempur itu kemudian menyusuri jalanan Kota, hingga tiba di Alun-alun Situbondo.

Selama parade, masyarakat dibebaskan ikut naik di atas kendaraan tempur. Tak hanya anak-anak saja yang berebut naik. Banyak juga para remaja dan orang dewasa yang penasaran ingin merasakan naik kendaraan lapis baja tersebut.

Bukan hanya masyarakat biasa yang menaiki kendaraan tempur dalam parade. Jajaran Forkopimda dan sejumlah pejabat Situbondo juga hadir dan mengikuti parade dengan menaiki tank BMP-3F. Selama parade berlangsung, banyak warga berebut agar bisa mengabadikan momen parade dengan kamera ponsel mereka.


Komandan Puslatpurmar 5 Baluran Mayor Marinir Widarta Kusuma mengatakan, Korps Marinir TNI AL sengaja ikut serta dalam Parade Alutsista TNI. Tujuannya untuk memperkenalkan peralatan dan kesenjataan yang dimiliki kepada masyarakat. Dengan begitu, TNI khususnya Korps Marinir TNI AL diharapkan akan semakin dekat dan erat dengan masyarakat.

"Dengan adanya pameran alutsista ini, masyarakat Situbondo diharapkan dapat mengetahui dan semakin bangga dengan kekuatan pertahanan yang dimiliki TNI," kata Widarta.

Dalam Parade Alutsista TNI tersebut, ada beberapa kendaraan tempur Korps Marinir yang ikut memeriahkan. Antara lain satu unit Tank BMP 3F, BTR 50P, LVT-7, RM 70 Grad dan Meriam How 105 MM. Selain itu juga ada dua unit Tank Leopard, satu unit Meriam Caesar, Astros, Meteorologi, MCP dan Water Canon.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com